Kamis 30 Jul 2020 04:58 WIB

Penyembelihan Hewan Qurban di Aceh Besar Naik 10,4 Persen

Minat masyarakat untuk berqurban tidak berpengaruh di tengah pandemi Covid-19.

Penyembelihan Hewan Qurban di Aceh Besar Naik 10,4 Persen (ilustrasi)
Foto: Edi Yusuf/Republika
Penyembelihan Hewan Qurban di Aceh Besar Naik 10,4 Persen (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDA ACEH -- Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyebutkan jumlah hewan qurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah di daerahnya sebanyak 2.588 ekor atau naik sebesar 10,4 persen dibanding tahun sebelumnya 2.343 ekor.

"Sesuai data yang masuk, minat masyarakat untuk berqurban sangat tinggi dan angkanya naik dibanding sebelumnya. Artinya minat masyarakat untuk berqurban tidak berpengaruh di tengah pandemi Covid-19," kata Mawardi Ali di Aceh Besar, Rabu.

Ia menyebutkan data hewan qurban lebaran Idul Adha 2020 tersebut tersebar di 23 kecamatan yang ada dalam Kabupaten Aceh Besar terdiri dari sapi sebanyak 1.950 ekor, kerbau 12 ekor dan kambing 626 ekor.

Sementara pada tahun 2019 dengan jumlah sebanyak 2.343 ekor terdiri dari sapi 1.743 ekor, kerbau 3 ekor dan kambing 597 ekor atau naik sebanyak 245 ekor dibanding dengan tahun 2020.

"Alhamdulillah semangat berqurban di kalangan masyarakat dan OPD masih sangat tinggi, walaupun di tengah kondisi musibah Covid-19 seperti saat ini," kata Bupati Aceh Besar yang turut didampingi Plt Kadis Syariat Islam Rusdi dan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh, Besar Muhajir

"Kita tetap mengimbau untuk pelaksanaan qurban di Aceh Besar dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, jaga jarak aman, dan segera mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan proses pelaksanaan kurban," kata Bupati Aceh Besar

Mawardi menambahkan qurban merupakan manifestasi rasa syukur atas rezeki yang Allah SWT berikan kepada umat Islam dan harus dilaksanakan dengan rasa ikhlas. Kisah qurban adalah untuk mengenang kisah Nabi Ibrahim as bersama keluarganya yang telah rela mengorbankan jiwa, keluarga dan harta untuk menunaikan perintah Ilahi.

"Hari Raya Idul Adha juga merupakan kesempatan paling baik untuk umat Islam agar saling berbagi kepada yang kurang mampu," katanya.

Bupati Aceh Besar juga mengajak semua panitia qurban benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan tetap menjaga kebersihan tempat dan peralatan penyembelihan.

"Panitia qurban juga harus mendeteksi sejak dini kesehatan hewan kurban yang akan disembelih sehingga daging yang dibagi kepada penerima manfaat sehat dan bebas dari berbagai penyakit.

"Mari kita sambut Hari Raya Idul Adha 1441 H ini dengan rasa bahagia dan selalu bersyukur kepada Allah SWT. Doa kita semua, semoga Covid-19 ini akan segera tuntas," katanya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement