Rabu 29 Jul 2020 21:58 WIB

Menpora Harap Generasi Muda Miliki Karakter

Perguruan tinggi memiliki peran penting.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.
Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka webinar bela negara melalui aplikasi Zoom di Situation Room, Lantai 9, Kemenpora, Jakarta, Rabu (29/7). Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini yakni pembinaan kesadaran bela negara dan menangkal radikalisme. 

Menpora menyampaikan, tema tersebut dinilai sangat tepat dengan salah satu program prioritas Kemenpora, yaitu penguatan ideologi pancasila dan karakter serta budaya bangsa dikalangan pemuda. Menurutnya, peran pemuda dalam bela negara sangat penting. 

“Kita harus jaga betul itu, karakter bangsa kita. Jangan sampai ideologi kita melemah, ini yang tidak kita inginkan. Ini bukan pekerjaan BNPT saja, tapi menjadi tangung jawab kita semua bagaimana membina generasi muda, menguatkan karakter dan ideologi,” kata Menpora, Rabu (29/7).

Lebih lanjut, Zainuddin ingin generasi muda memiliki karakter yang kuat dan tangguh untuk menjaga NKRI. Bela negara, kata dia, harus dipahami secara luas agar bisa dilaksanakan masyarakat sesuai kapasitasnya masing-masing. Perguruan tinggi, kata Menpora, juga memiliki peran penting dalam mendidik mahasiswa.

 

“Sekarang ini ujian terhadap ideologi tentu kita rasakan dari masa ke masa. Perlu adanya sinergi satu sama lainnya. Keutuhan NKRI harus kita jaga bersama, dan mempertahankannya. Nah, kita harus waspada betul dari ancaman-ancaman yang muncul,” ujar Zainudiin.

Untuk itu, Menpora berpesan kepada peserta webinar agar kesadaran bela negara harus terus tumbuh. Jika ada hal mencurigakan yang berkaitan dengan radikalisme maupun terorisme, masyarakat diminta untuk segera melapor kepada pihak berwajib. 

“Ancaman itu bisa datang dari mana saja. Jika ada hal yang mencurigakan (berkaitan dengan radikalisme atau terorisme) segera dilaporkan. Dimana pun kita, ayo galakkan bela negara. Jangan timbul rasa lelah untuk bela negara. Nah, untuk hari ini (kegiatan webinar) kita bekerja sama dengan Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama),” kata Menpora

Zainuddin mengingatkan kepada peserta webinar untuk terus menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19. “Pandemi Covid-19 masih berlangsung, saya berpesan agar protokol kesehatan terus diterapkan. Pakai masker jika beraktivitas, rajin mencuci tangan, jaga jarak, dan jangan lupa berolahraga,” kata Menpora.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement