Rabu 29 Jul 2020 20:57 WIB

Kemenpora-PPI Gelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar Pemuda

Dengan anggota tersebar seluruh Indonesia, PPI bisa jadi mitra penguatan kepemimpinan

Menpora Zainudin Amali
Foto: istimewa
Menpora Zainudin Amali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olah Raga RI Zainudin Amali mengungkapkan, penguatan kepemimpinan dengan bermitra dengan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) ialah  program yang sangat strategis khususnya dalam memasifkan dan menjaga penguatan ideologi bangsa di masa pandemi. 

"Dengan anggota yang tersebar di seluruh Indonesia, PPI bisa menjadi mitra penguatan kepemimpinan yang bisa memaksimalkan perannya di berbagai bidang," ujar Zainudin dalam pembukaan kegiatan 'Pelatihan Kepemimpinan Dasar Pemuda' yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI melalui Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Deputi Bidang Pengembangan Pemuda bekerja sama dengan PPI melalui media daring atau webinar, Rabu (29/7).

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Asrorun Ni’am Sholeh menyampaikan program konsep kepemimpinan terus didorong oleh Kemenpora.

"Kepemimpinan itu terbagi atas tiga level. Yang pertama kepemimpinan individu atau semua orang adalah pemimpin. Yang kedua yakni kepemimpinan dalam rumah tangga sebagai entitas terkecil dalam masyarakat. Serta yang ketiga kepemimpinan publik di berbagai bidang," ucap Ni’am yang juga akademisi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

 

Ketiga level dan konsep kepemimpinan tersebut, kata dia, harus tumbuh didorong dengan segala upaya maksimal yang kita punya. "Karena hal tersebut ialah bagian ikhtiar untuk pembangunan pemuda kita," ujar Ni'am.

Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Ibnu Hasan menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini bukanlah kegiatan yang terakhir. Tetapi ini ialah giat yang akan terus dilakukan sebagai bagian bukti kehadiran negara mendampingi pengembangan kepemimpinan pemuda di Indonesia. 

"Kita harus bergandengan tangan tidak hanya dengan PPI. Tetapi juga dengan semua organisasi pemuda dan lapisan masyarakat lainnya dalam mendampingi pengembangan pemuda Indonesia," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement