Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Wajib Dicoba! Ini 8 Situs untuk Pembelajaran Online Jarak Jauh

Rabu 29 Jul 2020 14:43 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Berikut beberapa situs yang bisa bantu pembelajaran online jarak jauh.

Seorang pelajar dituntut untuk aktif belajar guna memperoleh nilai yang memuaskan. Namun apa daya, kondisi yang terjadi sekarang menyebabkan tingkat efektivitas belajar berkurang. Sebab, siswa harus mengikuti proses belajar dari rumah.

Meski ada guru yang akan memberi materi, tapi hasilnya tetap saja kurang maksimal kalau tidak tatap muka. Apalagi di rumah terlalu banyak godaan yang menyebabkan kamu menjadi kurang fokus saat belajar. Alih-alih ingin dapat ilmu, tatap gagal karena banyak gangguan.

Untungnya, ada beberapa situs yang bisa membantumu untuk melakukan pembelajaran online jarak jauh. Situs apa sajakah itu? Simak poin-poinnya berikut ini.

 

1. Google Suite Education

Google Classroom

Situs sebesar Google juga peduli terhadap edukasi siswa. Untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, Google memperkenalkan fitur G Suite for Education yang bisa diakses secara gratis selama pandemi berlangsung. Terdapat fitur video yang dapat diakses menggunakan Hangout Meet, dan Google Classroom untuk melanjutkan pelajaran yang sempat tertunda.

Menariknya lagi, terdapat beberapa fitur tambahan seperti Gmail, kalender, hingga drive yang bisa digunakan untuk menyimpan catatan hasil belajar. 

2. Scholastic

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Scholastic (@scholasticinc) on

Scholastic merupakan situs pembelajaran online jarak jauh yang akan memudahkan aktivitas belajar. Dalam situs ini, kamu bisa membaca buku-buku menarik, main game, dan mencari informasi yang hangat dibicarakan saat ini. 

Meski bukan situs buatan lokal, namun Scholastic membuka akses untuk para siswa di seluruh dunia. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak belajar karena kamu bisa mengakses scholastic untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar.

Baca Juga:  7 Channel Youtube Lokal yang Paling Pas Selama Belajar dari Rumah, Yuk Dicek! 

3. Desmos

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Desmos (@desmosinc) on

Bagi yang ingin mempertajam skill untuk ilmu Matematika, kamu bisa andalkan situs Desmos ini. Situs yang diluncurkan tahun 2011 silam ini menyediakan fitur kalkulator grafik canggih yang menjadikan pengalaman belajar matematika online sangat menyenangkan.

Menariknya lagi, Desmos dapat diakses di smartphone pribadi. Cukup unduh aplikasinya di Play Store atau App Store, maka kamu bisa belajar Matematika grafik sepuasnya. Situs ini gratis, jadi kamu dapat mengaksesnya kapan saja tanpa batas.

4. Penjee

Penjee
Penjee via owler.com

Mempelajari ilmu komputerisasi dari rumah kedengarannya tidak mungkin. Selain sulit, proses belajarnya juga tidak asal karena harus dibimbing oleh seorang guru. Tapi dengan hadirnya situs bernama Penjee, kamu bisa mempelajari ilmu komputer secara mandiri, tanpa bantuan siapa pun.

Mulai dari coding, python, hingga enam bahasa dasar pemrograman, kamu bisa pelajari secara gratis di Penjee. Cukup dengan membuat akun, maka kamu bisa menggunakan fitur di dalam Penjee sepuasnya. 

5. Zenius

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Zenius Education (@zeniuseducation) on

Situs ini menyediakan program belajar dari tingkat SD sampai SMA berupa kumpulan soal untuk melatih kemampuan berpikir. Soal-soal disediakan dalam bentuk e-book yang bisa diunduh di situs resminya atau langsung di apikasi Zenius. 

Materi belajar yang disediakan cukup beragam. Dan menariknya lagi, kumpulan soal yang disediakan dapat diakses secara gratis. Ini artinya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk mengakses situs maupun aplikasi Zenius.

6. Ruangguru

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ruangguru | Bimbel Online No 1 (@ruangguru) on

Pamor situs belajar online yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Sejak didirikan pada tahun 2014 silam, Ruangguru sudah mendapat banyak respons positif dari siswa, guru maupun orang tua. Situs ini menyediakan kelas belajar layaknya bimbingan belajar (bimbel) dengan biaya yang terjangkau.

Namun terhitung sejak pandemi, Ruangguru menyediakan pembelajaran online yang bisa diikuti oleh semua siswa yang dipandu oleh seorang guru. Selain itu, Ruangguru juga menyediakan kanal pelatihan untuk guru secara gratis guna meningkatkan kompetensi saat mengajar.

7. Researchgate

Research Gate
Research Gate via chemistryworld.com

Researchgate merupakan platform pembelajaran online yang diminati oleh mahasiswa di seluruh dunia, termasuk dosen dan ilmuwan. Situs ini menyediakan informasi berbasis jurnal dari berbagai disiplin ilmu. Sangat pas dijadikan sebagai sumber penelitian atau penyusunan skripsi bagi mahasiswa akhir,

Selain publikasi, Reserarchgate juga menyediakan forum atau grup untuk berdiskusi. Bila kamu butuh informasi yang tidak dimuat dalam jurnal, kamu bisa tanyakan pada forum. Atau bisa request jurnal yang dibutuhkan tanpa harus bayar sepeser pun.

Baca Juga: Biar Makin Mahir, Yuk Belajar Coding Online di 5 Website Pilihan ini

8. Trello

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Trello (@trelloapp) on

Trello hadir untuk memudahkan proses belajar online yang saat ini meningkat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Siswa dapat menggunakan fitur yang ada di Trello untuk menyelesaikan tugas yang diberikan bersama tim. 

Menariknya lagi, fitur yang tersedia sangatlah basic jadi mudah dipahami. Siswa juga diperbolehkan untuk mengunggah tugas dalam bentuk video atau memonitori tugas yang sudah dikerjakan beberapa hari silam guna melihat progresnya.

Pilih Satu yang Paling Cocok

Ada banyak situs untuk pembelajaran online jarak jauh yang bisa kamu coba. Sebaiknya pilih satu yang paling mudah dimengerti, dan pastinya sesuai dengan kebutuhan informasi. Dengan demikian, proses belajar menjadi efektif, efisien, dan tidak mengurangi porsi ilmu yang bisa didapatkan.

Baca Juga: Asah Skill Baru Mumpung Kerja di Rumah, Ini Dia Pilihan Kelas Digital Marketing Gratis

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA