Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Makin Mudah, Begini Cara Mencicil Elektronik Tanpa Kartu Kredit

Rabu 29 Jul 2020 14:15 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Anda masih bisa membeli barang elektronik dengan cara mencicil tanpa kartu kredit.

Kartu kredit memungkinkan seseorang bisa menikmati berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi, termasuk mencicil berbagai barang yang dibutuhkan. Selain praktis, hal ini tentu akan memberikan keuntungan tersendiri. 

Namun pada kenyataannya, tidak semua orang bisa memiliki alat pembayaran yang satu ini. Penyebab yang paling utama adalah mereka tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh bank saat mengajukan kartu kredit.

Meski begitu, Anda masih bisa membeli berbagai perangkat elektronik dengan cara lain, yaitu mencicilnya tanpa kartu kredit. Sistemnya tidak jauh berbeda dengan kartu kredit. Barang yang dibeli akan dilunasi secara cash terlebih dahulu kepada pihak penyelenggara cicil tanpa kartu kredit. Setelah itu, barulah Anda membayar cicilannya kepada pihak penyelenggara.

Berikut ini beberapa cara mudah, yang bisa dilakukan untuk mencicil barang elektronik tanpa kartu kredit yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Beli dan cicil secara online

online shopping
Beli dan cicil secara online

Internet banyak membawa perubahan dalam kehidupan, termasuk dalam aktivitas belanja sekalipun. Jika membutuhkan barang elektronik, saat ini Anda bisa menemukannya dengan mudah secara online. 

Namun, pastikan membelinya di situs-situs yang terpercaya dan sudah tersedia sistem pembelian kredit, meskipun tanpa kartu kredit. Misalnya di berbagai e-commerce seperti, Tokopedia, Shopee, JD.ID, Lazada dan sebagainya. 

Baca Juga: 25 Situs Populer untuk Anda yang Gemar Belanja Online

2. Gunakan layanan kredit instan online

Ada banyak situs belanja online yang menyediakan layanan kredit instan bagi para pelanggannya. Pada umumnya situs belanja online akan menyediakan aplikasi khusus untuk kredit instan ini. 

Anda hanya perlu mendaftar dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk urusan yang satu ini. Biasanya situs belanja online akan meminta upload KTP, bukti penghasilan dan berbagai hal lainnya yang dibutuhkan. Kemudian mengisi data diri dan melengkapi semua syarat tersebut, lalu mengirimkan aplikasi permohonan kredit tersebut secara online. Dalam waktu kurang dari 24 jam saja, Anda sudah bisa mengetahui hasilnya. 

3. Pilih tenor yang tepat disesuaikan dengan kondisi keuangan

keuangan
Pilih tenor yang tepat disesuaikan dengan kondisi keuangan

Semakin banyak Anda mencicil setiap bulannya, maka akan semakin cepat utang terlunasi. Hal ini juga akan membuat masa cicilan menjadi jauh lebih singkat. Di sisi lain, jumlah cicilan yang besar kerap menjadi beban yang berat bagi keuangan. 

Jangan sampai Anda kesulitan untuk membayar cicilan setiap bulannya, hanya karena tenor yang terlalu singkat. Jika tidak membayar cicilan dengan tepat waktu, tentu saja Anda akan dikenai denda dan juga biaya bunga.

Hindari tunggakan cicilan barang elektronik, hanya karena mengambil tenor yang terlalu singkat. Sesuaikan jumlah cicilan per bulannya dengan kemampuan keuangan, sehingga Anda bisa membayar cicilan dengan baik setiap bulan. Maksimal besaran utang yang bisa ditanggung keuangan adalah 30% dari penghasilan bulanan, jadi jangan melampaui jumlah tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Hemat Dengan Belanja Pintar

4. Hindari cicilan baru jika cicilan yang lama belum lunas

Jangan memaksakan diri untuk mengambil banyak cicilan, meskipun Anda sangat ingin membeli peralatan elektronik lainnya. Saat Anda masih dalam proses mencicil, maka hindari untuk mengajukan cicilan yang baru, meskipun pihak situs belanja online memungkinkan hal tersebut. 

Fokuslah dulu untuk menyelesaikan cicilan yang lama, agar keuangan tidak terbebani dengan utang cicilan yang besar setiap bulannya. Hal ini juga akan menghindarkan Anda dari masalah kredit macet di kemudian hari.

Nikmati kemudahan mencicil dengan cara yang bijak

Kemudahan belanja online memungkinkan Anda membeli perangkat elektronik dengan mudah yaitu mencicil tanpa kartu kredit. Akan tetapi, jangan terlena dengan kemudahan, pastikan Anda menikmati fasilitas ini dengan cara yang bijak, sehingga kelak Anda tidak sampai mengalami kesulitan untuk melunasinya dengan tepat waktu.

Baca Juga: Gila Belanja? Kenali Ciri-cirinya

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA