Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Telkom University, PTS Peringkat 1 Versi Webometrics

Rabu 29 Jul 2020 10:41 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Hiru Muhammad

Telkom University

Telkom University

Foto: telkom
Webometrics memberikan penilaian ke sejumlah universitas di dunia melalui website.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Telkom University menjadi perguruan tinggi swasta yang berhasil meraih peringkat satu versi Webometrics dan meraih peringkat lima untuk perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Hal itu berdasarkan informasi dari laman resmi yaitu www.webometrics.info.

Webometrics merupakan sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website. Penilaian meliputi empat komponen yaitu presence (5 persen), visibility (50 persen), tranparency or openness (10 persen) dan excellence or scholar (10 persen).

Webometrics mengumumkan peringkat universitas dunia tiap tahun berdasarkan kinerja website pada bulan Januari dan Juli, dan pada Januari 2020. Telkom University menempati peringkat 2.405 dunia sedangkan pada Juli 2020 telah meningkat menjadi peringkat 1.435 dunia dan peringkat 5 di Indonesia.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya mengatakan capaian (keberhasilan) yang diraih Tel-U dari tahun ke tahun merupakan komitmen Tel-U memberikan mutu pendidikan yang baik. Menurutnya, generasi emas yang menjadi visi bangsa ini dihasilkan dari perguruan tinggi berkualitas didalamnya.

“Ini komitmen kami untuk terus membuat mutu pendidikan tinggi di Indonesia lebih baik dan semoga dari capaian ini bisa memotivasi seluruh sivitas akademika memberikan yang terbaik untuk kampus ini dan untuk Indonesia," ujarnya melalui keterangan yang diterima, Rabu (29/7).

Ia pun mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh sivitas akademika yang telah mengharumkan nama Tel-U baik secara nasional dan internasional. “Terimakasih kepada seluruh sivitas akademika yang telah bekerja keras dalam mengharumkan nama Tel-U," katanya.

Sebelumnya, Telkom University pada tahun 2019 Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) telah memberikan predikat kepada Telkom University sebagai PTS nomor 1 di Indonesia dengan indikator penilaian berbasis Output dan Outcome Base. Selain itu peraih Widya Padhi sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik (pengelolaan, produk perusahaan startup dan spin off terbaik).

Serta meraih predikat kampus hijau dari pemeringkatan UI Green Metric, 10 universitas terbaik di Indonesia dalam UI Green Metric World Ranking 2019 dan Tel-U berhasil menempati peringkat ke-9 nasional dan peringkat ke-135 dunia.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA