Selasa 28 Jul 2020 23:26 WIB

Masalah yang Umum Dialami Saat Bersepeda

Ada masalah yang tiba-tiba bisa terjadi saat sedang olahraga sepeda.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Ada masalah yang tiba-tiba bisa terjadi saat sedang olahraga sepeda (Foto: ilustrasi bersepeda)
Foto: Wallpaperflare
Ada masalah yang tiba-tiba bisa terjadi saat sedang olahraga sepeda (Foto: ilustrasi bersepeda)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bersepeda mungkin tergolong olahraga santai. Namun, ada masalah yang tiba-tiba bisa terjadi saat sedang olahraga sepeda.

Anggota komunitas sepeda Seli Selatan, Tatar Bahagia, mengatakan, ada beberapa masalah yang umumnya dialami para pengendara sepeda, khususnya bagi pemula. Masalah ini bisa muncul bila pengendara tidak teliti sebelum mengayuh sepedanya.

Baca Juga

"Biasanya masalah yang sering dihadapi saat bersepeda adalah ban bocor, rantai putus, dan rem blong, itu sebabnya harus siapkan ban cadangan, rantai cadangan, dan persiapkan peralatan sepeda seperti kunci L untuk menyambung rantai," ujar Tatar dalam Bincang Shopee, belum lama ini.

Selain itu, masalah yang sering muncul ketika bersepeda adalah dehidrasi. Tak sedikit pula yang mengalami anggota tubuh kram.

 

Tatar menyarankan, untuk menghindari tubuh kram, maka sebelum bersepeda dianjurkan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Sementara untuk menghindari dehidrasi, bawalah air minum secukupnya.

"Lebih baik jangan menunggu sampai kita benar-benar merasa haus, kalau memang sudah saatnya minum ya minum saja. Kalau bisa kita atur misalnya setiap 15 menit atau 30 menit kita minum. Makanya botol minum harus dipersiapkan dan pastikan terisi ulang," jelas dia.

Permasalahan dalam bersepeda yang sering ditemui lagi adalah kekurangan oksigen saat bersepeda. Terkait dengan protokol Covid-19, yaitu menggunakan masker, Tatar menganjurkan hal itu bisa dilakukan saat bersepeda jarak dekat dan detak jantung rendah. Ia juga menyarankan bagi para masyarakat yang hendak bersepeda, pastikan untuk menggunakan helm.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement