Rabu 29 Jul 2020 01:50 WIB

Toni Kroos Kembali Bertemu Pep Guardiola

Kroos pernah bermain di bawah asuhan Guardiola di Muenchen.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Agung Sasongko
Gelandang Real Madrid Toni Kroos (kanan) merayakan golnya ke gawang Istanbul.
Foto: EPA-EFE/TOLGA BOZOGLU
Gelandang Real Madrid Toni Kroos (kanan) merayakan golnya ke gawang Istanbul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Toni Kroos pertama kali tampil di Estadio Bernabeu bukan dengan seragam Real Madrid. Gelandang asal Jerman saat itu mengenakan No. 39 untuk Bayern Muenchen dan berhasil menyingkirkan Real Madrid dari Liga Champions pada semi final 2012.

Lebih dari setahun kemudian, ia bermain di bawah asuhan Pep Guardiola, yang mengambil alih dari Jupp Heynckes di Allianz Arena. Pelatih Catalan segera melakukan pemanasan dengan Kroos, di mana keduanya memiliki pemahaman yang sama tentang sepak bola.

Baca Juga

Namun, setelah hanya satu musim bersama, hubungan kerja mereka berakhir. Kroos hanya memiliki satu tahun tersisa di kontraknya pada musim panas 2014 dan, meskipun Guardiola telah berupaya untuk membujuk klub, Bayern memilih untuk tidak memberinya kontrak baru.

Karl-Heinz Rummenigge tidak siap untuk memberikan kenaikan gaji yang besar kepada pemain Jerman itu, sesuatu yang klub tidak berpikir dia menjanjikan di posisi lini tengah dan masa depan yang lebih cerah dari Mario Gotze.

Ketika Bayern dihancurkan oleh Real Madrid di semi-final Liga Champions, Kroos dan tim dikalahkan karena Guardiola hanya memainkan dua gelandang tengah. Terlepas dari pemikiran pelatih kepala mereka, Bayern memilih untuk mendengarkan tawaran untuk Kroos musim panas itu.

Semuanya mengarah ke kepindahan ke Manchester United, tetapi David Moyes digantikan oleh Louis van Gaal di ruang istirahat Old Trafford. Selama Piala Dunia di Brasil, Kroos mendapat telepon dari Real Madrid, yang siap menawarkan 25 juta euro untuk pemain berusia 24 tahun itu.

Enam tahun kemudian, Kroos adalah salah satu gelandang tengah terbaik di dunia dan bagian penting dari setiap pencapaian Real Madrid yang berkelanjutan. Guardiola, yang ingin sekali membawa Kroos ke Manchester City bersamanya seandainya gelandang itu tidak menetap di Spanyol, terbukti benar.

Sekarang, pasangan itu akan saling berhadapan lagi saat City menjamu Los Blancos di Stadion Etihad di Liga Champions pada 7 Agustus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement