Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

4 Gambaran Indah Surga dalam Surat Ar-Rahman

Selasa 28 Jul 2020 21:10 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Surat Ar-Rahman menggambarkan surga yang sangat indah. Taman Islam ilustrasi

Surat Ar-Rahman menggambarkan surga yang sangat indah. Taman Islam ilustrasi

Foto: muslim heritage
Surat Ar-Rahman menggambarkan surga yang sangat indah.

REPUBLIKA.CO.ID, Terdapat lebih dari seratus kali penyebutan taman dalam Alquran. Ada banyak frasa yang digunakan, tetapi sekitar 30 frasa menggunakan jannatin tajri min tahtiha al-anhar (surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai) sebagai gambaran surga. 

Baca Juga

 

Pada level tertentu, gambaran itu mengundang visualisasi air mengalir di kanal-kanal yang mengairi taman. Namun, pada level maknawi, gambaran itu diartikan sebagai memelihara ''surga di dalam diri'' dengan terus menyucikan jiwa. Gambaran surga paling detail ada dalam Alquran surat ar-Rahman. Ada empat gambaran surga dideskripsikan di sana yaitu.  

 

1. ذَوَاتَا أَفْنَانٍ 

 

“Kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan.”  

 

2. فِيهِمَا عَيْنَانِ تَجْرِيَانِ

 

“Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir.”

 

3. فِيهِمَا مِنْ كُلِّ فَاكِهَةٍ زَوْجَانِ

 

“Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan.”

 

4. مُتَّكِئِينَ عَلَىٰ فُرُشٍ بَطَائِنُهَا مِنْ إِسْتَبْرَقٍ ۚ وَجَنَى الْجَنَّتَيْنِ دَانٍ

 

“Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutera. Dan buah-buahan di kedua surga itu dapat (dipetik) dari dekat.”  

 

Keempat gambaran surga digambarkan berpasangan dan bersusun ke atas. Ini juga yang tampaknya jadi alasan mengapa taman-taman pada era Islam punya format empat lapis yang tak hanya harmonis, tapi juga indah. Taman pada era Islam juga bisa berbentuk taman privat yang tak semua orang bisa datang dan dijadikan tempat berdoa serta berkontemplasi. Privasi ini banyak dibentuk pada taman-taman kerajaan.  

 

Taman juga jadi bentuk keterhubungan transenden manusia dengan Allah SWT. Kecintaan dan pengetahuan akan tumbuhan melahirkan cinta pada Sang Pencipta. Tumbuhan dan bunga juga jadi representasi radiasi keindahan yang Allah SWT ciptakan.  

 

Dalam konteks Islam, air mengalir adalah elemen penting. Bagi mereka yang tinggal di padang pasir, air jadi bentuk kemurahan Yang Maha Kuasa. 

 

Dalam Alquran, kata kemurahan dari Allah SWT terkoneksi dengan air terutama hujan. Apalagi dalam Alquran, hujan pun digambarkan sebagai sumber kehidupan.

 

Di banyak tradisi, air jadi simbol jiwa dan menunjukkan kemampuannya untuk mengembalikan sesuatu pada keadaan bersih dan suci. Aliran, percikan, dan tetesan air yang terus-menerus di Taman Alhambra diyakini merupakan salah satu representasi surga dunia.  

 

Air yang jadi sumber kesejukan, membersihkan, dan memurnikan adalah pusat dari sebuah taman. Karena itu, air adalah elemen yang teramat penting dalam penataan taman sebelum tumbuhan dan bunga. Contohnya, di taman-taman Istana Alhambra, Granada tampak jelas pentingnya unsur air itu. 

 

Di salah satu taman di sana, yakni Taman Myrtles, unsur air tampak pada sebuah kolam besar yang dikelilingi semak bunga. Sementara, di Taman Singa sumber air dibuat mengalir konstan.   

sumber : Dok Istimewa
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA