Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Nusa Mandiri Innovation Center Sosialisasikan LIDM 2020

Selasa 28 Jul 2020 13:35 WIB

Red: Irwan Kelana

Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) menggelar sosialisasi Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM), Sabtu (25/7).

Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) menggelar sosialisasi Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM), Sabtu (25/7).

Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri
Proyek yang dibuat mahasiswa itu bagus dan inovatif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) menggelar sosialisasi Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM), Sabtu (25/7).  Kegiatan dilakukan secara live via Zoom, dengan menghadirkan Siti Nurlela, ketua Nusa Mandiri StartUp Center dan Innovation Center ; dan Risca Lusiana Pratiwi, koordinator Unit Ditjen Belmawa Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri.

Siti Nurlela  mengatakan,  Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) sebagai lembaga yang dibentuk STMIK Nusa Mandiri sebagai wadah yang memfasilitasi mahasiswa, dosen, dan alumni dalam menuangkan ide atau gagasannya ke dalam bentuk karya.

“Proyek yang dibuat mahasiswa itu bagus dan inovatif sehingga butuh wadah yang bisa mendorong mahasiswa untuk mengembangkan hasil pemikiran dan pengembangan, unsur pembaruan dan memberikan kemanfaatan ekonomi dan sosial,” ujar Siti dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

LIDM merupakan ajang unjuk karya-karya inovasi dan kreasi digital untuk mahasiswa yang dinaungi oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Terdapat empat divisi lomba untuk LIDM tahun ini . yakni,  divisi inovasi teknologi digital pendidikan, inovasi materi digital pendidikan, kreasi video digital sustainable development goals (SDGs), dan divisi kreasi poster digital penghormatan gender,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, keempat inovasi memiliki empat aturan yakni babak evaluasi wajib diikuti oleh seluruh peserta pada masing-masing divisi; babak final diikuti oleh peserta yang dinyatakan lolos pada pengumuman babak evaluasi pada masing-masing divisi kompetisi;  dan evaluasi maupun babak final LIDM 2020 dilaksanakan secara daring.

photo

Empat divisi yang dipertandingkan dalam Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM)tahun ini. (Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri)

“LIDM 2020 bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di bidang informasi teknologi dan berbagai macam mengenai digital,” sambung Risca Lusiana Pratiwi.

LIDM 2020 juga bertujuan mendorong peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menumbuhkembangkan kreativitas dan inovasi dalam digitalisasi, memberikan masukan untuk perbaikan kondisi di lingkungan dalam bidang digital, dan mendorong peningkatan kualitas pembelajaran dibidang informasi teknologi.

“Proyek yang dibuat mahasiswa itu bagus-bagus dan cenderung inovatif. Sehingga,  sayang sekali jika hanya berhenti menjadi nilai UAS (Ujian Akhir Semester) saja. Karenanya,  butuh wadah yang bisa mendorong mahasiswa untuk mengembangkan proyek tersebut menjadi lebih baik dan memiliki nilai manfaat lebih,” pungkas Siti menutup acara sosialisasi LIDM ini.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA