Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

3.200 Jamaah Mendaftar Shalat Idul Adha di Masjid Al-Akbar

Selasa 28 Jul 2020 13:08 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: A.Syalaby Ichsan

Suasana pelaksanaan Sholat Jumat di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jumat (5/6).

Suasana pelaksanaan Sholat Jumat di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jumat (5/6).

Foto: Republika/Dadang Kurnia
Dari kapasitas 50 ribu orang, Masjid Al-Akbar Surabaya hanya menampung 5.000 jamaah

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Humas Masjid Al-Akbar Surabaya, Helmy M. Noor mengatakan, sebanyak 3.200 jamaah mendaftar untuk melakukan sholat Idul Adha 1441 H.Artinya masih ada sekitar 1.800 tempat yang tersedia bagi jamaah yang berniat mengikuti Shalat Idul Adha di masjid kebanggaan Kota Pahlawan tersebut.

"Untuk lantai 1 sudah penuh, sudah ada sekitar 3.200-an jamaah yang memdaftar. Untuk lantai dua masih dalam proses pemdaftara. Setelah penuh kita tutup," ujar Helmy dikonfirmasi Selasa (28/7)

Helmy mengakui masjid  melakukan pembatasan jumlah jamaah pada pelaksaan Shalat Idul Adha. Dari kapasitas 50 ribu lebih jamaah, Masjid Al-Akbar Surabaya hanya menampung 5.000 jamaah pada pelaksanaan Idul Adha tahun ini. Tujuannya agar jarak antar jamaah terjaga, guna mencegah penularan Covid-19.

Helmy melanjutkan, bagi jamaah yang hendak mengikuti pelaksaan Shalat Idul Adha di Masjid Al-Akbar Surabaya, tidak bisa datang begitu saja. Mereka harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran online, untuk selanjutnya jamaah mendapatkan ID Card, untuk tiket mengikuti Shalat Idul Adha di masjid setempat.

Bagi jamaah perempuan, lanjut Helmy, pintu masuk melalui pintu sisi utara dan timur. Sedangkan akses jamaah laki-laki masuk melalui pintu gerbang sisi barat dan timur. Semua jamaah, kata dia, tanpa terkecuali harus mengikuti prosedur pemeriksaan suhu badan, handsanitizer, pembagian kresek untuk membungkus sandal dan melewati bilik disinfektan. 

Helmy menjelaskan untuk jamaah perempuan lantai 1 (ID Card warna Kuning) masuk dalam masjid melalui pintu nomor 1 - 5, pintu nomor 10 - 15 dan 21 - 22. Sedangkan Jamaah laki-laki lantai 1 (ID Card Warna Hijau) masuk dalam masjid melalui pintu nomor 23 – 24, 30 – 35 dan 40 – 45.

Helmy mengatakan, kapasitas lima ribu itu termasuk jamaah lantai dua masjid. Bagi jamaah yang mendapatkan ID Card warna merah maka harus masuk ke area shalat melalui tangga manual Gedung Al Marwah dekat air mancur. Hal yang sama juga berlaku bagi Jamaah Pria yang mendapatkan ID Card Warna Biru, maka shalatnya berada di lantai dua masuk melalui tangga manual Gedung As Shofa dekat air mancur.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA