Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Pahala Sunnah Syuruq di Antara Sebab Jangan Tidur Usai Subuh

Senin 27 Jul 2020 21:08 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Pahala sholat sunnah Syuruq usai sholat Subuh sangatlah utama. Sholat subuh berjamaah (Ilustrasi)

Pahala sholat sunnah Syuruq usai sholat Subuh sangatlah utama. Sholat subuh berjamaah (Ilustrasi)

Pahala sholat sunnah Syuruq usai sholat Subuh sangatlah utama.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Ustadz Bobby Herwibowo, Lc, MA

Baca Juga

Sebuah perkara utama yang biasa Anda lakukan setiap hari dan bernilai pahala haji dan umrah adalah sholat sunnah Isyraq, atau Syuruq atau Thulu'. Ini adalah sholat sunnah yang kerap dilakukan Rasulullah SAW dengan tata cara berikut:  

Pertama, sholat Subuh berjamaah di masjid. Kedua, duduk berzikir (mengingat) Allah SWT sampai matahari terbit. Ketiga, sholat Isyraq dua rakaat.  

Siapa yang mampu mengerjakan tiga hal tersebut di pagi hari, maka baginya pahala haji dan umrah yang sempurna! 

عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ صَلَّى الغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

Dari Anas bin Malik RA dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang sholat Subuh berjamaah, kemudian dia duduk, dalam riwayat lain: dia menetap di masjid, untuk berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia sholat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna.” (HR Tirmidzi). 

Keutamaan dalam hadits ini lebih dikuatkan dengan perbuatan Nabi SAW dari Jabir bin Samurah RA :"Bahwa Rasulullah SAW ika selesai melakukan sholat Shubuh, beliau duduk (berdzikir) di tempat beliau sholat sampai matahari terbit dan meninggi." (HR Muslim dan Tirmidzi). 

An-Nawawi dalam Shahih Muslim membawakan bab dengan judul Keutamaan tidak beranjak dari tempat sholat setelah sholat shubuh dan keutamaan masjid. Dalam bab tersebut terdapat suatu riwayat dari seorang tabiin,Simak bin Harb mengatakan bahwa dia bertanya kepada Jabir bin Samurah, "Apakah engkau sering menemani Rasulullah SAW duduk?" Jabir menjawab, "Iya. Beliau SAW biasanya tidak beranjak dari tempat duduknya setelah sholat Subuh hingga terbit matahari. Apabila matahari terbit, beliau SAW berdiri mengerjakan sholat. Sedang para sahabat asyik berbincang-bincang mengenai perkara jahiliyah, lalu mereka tertawa. Sedangkan beliau SAW hanya tersenyum saja." 

Selain mendapatkan pahala haji dan umrah, dengan mengerjakan ketiga hal di atas. Duduk berzikir menunggu waktu sholat Isyraq juga akan mendapatkan doa para malaikat: 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ قَالَ: المَلاَئِكَةُ تُصَلِّي عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِي مُصَلَّاهُ، مَا لَمْ يُحْدِثْ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ،

“Para malaikat akan selalu bershalawat kepada salah seorang di antara kalian selama dia berada di masjid tempat melakukan sholat, hal ini selama dia wudhunya belum batal, (para malaikat) berkata: `Ya Allah, ampunilah dia, ya Allah, sayangilah dia. (Riwayat Imam Ahmad dari Abu Hurairah RA). 

Ketahuilah setelah Subuh adalah waktu yang diharamkan untuk sholat. Jika matahari sudah mulai terbit dengan ditandai langit yang sudah mulai terang, tunggulah sekitar 15 menit. Setelah itu lakukanlah sholat Isyraq. Maka di saat itulah adalah waktu yang aman untuk mengerjakan sholat Isyraq.

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA