Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Benarkah Rasulullah SAW Ucapkan Salam Dua Kali dalam Sholat?

Selasa 28 Jul 2020 04:45 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Benarkah Rasulullah SAW Ucapkan Salam Dua Kali dalam Sholat?

Benarkah Rasulullah SAW Ucapkan Salam Dua Kali dalam Sholat?

Foto: republika
Dalam beberapa hadits ada petunjuk tentang bagaimana Rasulullah mengucap salam sholat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa hadits, terdapat petunjuk mengenai bagaimana Rasulullah SAW mengucapkan salamnya di dalam sholat. Dari petunjuk itu setidaknya terjadi pembahasan tentang benar tidaknya salam di dalam sholat Rasulullah itu dua kali atau hanya sekali.

Baca Juga

Di dalam kitab Fikih Shalat karya Ibnu Qayyim Al-Jauzi dijelaskan, Rasulullah mengucapkan salam ke sebelah kanan dengan lafadz assalamualaikum wa rahmatullah dan ke sebelah kiri dengan lafadz yang sama. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh 15 sahabat.

Namun demikian, dalam riwayat lain disebutkan Rasulullah SAW mengucap dengan sekali salam. Meski demikian hadits yang menunjukkan hal tersebut tidaklah shahih. 

Di antara riwayat yang paling baik adalah sebagaimana yang diriwayatkan oleh Aisyah. Aisyah berkata: “Bahwasanya Rasulullah SAW mengucap dengan sekali salam berlafadz assalamualaikum. Beliau mengeraskan suaranya hingga membangunkan kami,”.

Hadits tersebut merupakan hadis ma’lul yang mana dibaca oleh Rasulullah SAW ketika sholat malam. Adapun riwayat yang menyebutkan dengan dua salam adalah yang disaksikan oleh para sahabat pada sholat fardhu dan sunnah.

Hadits Aisyah belum jelas mengatakan Nabi SAW memendekkan salam dengan sekali salam. Aisyah hanya mengatakan bahwa sekali salam beliau dapat membangunkan orang-orang, dan tidak menafikan riwayat lain.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA