Selasa 28 Jul 2020 04:45 WIB

Benarkah Rasulullah SAW Ucapkan Salam Dua Kali dalam Sholat?

Dalam beberapa hadits ada petunjuk tentang bagaimana Rasulullah mengucap salam sholat

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Benarkah Rasulullah SAW Ucapkan Salam Dua Kali dalam Sholat?
Foto: republika
Benarkah Rasulullah SAW Ucapkan Salam Dua Kali dalam Sholat?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa hadits, terdapat petunjuk mengenai bagaimana Rasulullah SAW mengucapkan salamnya di dalam sholat. Dari petunjuk itu setidaknya terjadi pembahasan tentang benar tidaknya salam di dalam sholat Rasulullah itu dua kali atau hanya sekali.

Di dalam kitab Fikih Shalat karya Ibnu Qayyim Al-Jauzi dijelaskan, Rasulullah mengucapkan salam ke sebelah kanan dengan lafadz assalamualaikum wa rahmatullah dan ke sebelah kiri dengan lafadz yang sama. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh 15 sahabat.

Baca Juga

Namun demikian, dalam riwayat lain disebutkan Rasulullah SAW mengucap dengan sekali salam. Meski demikian hadits yang menunjukkan hal tersebut tidaklah shahih. 

Di antara riwayat yang paling baik adalah sebagaimana yang diriwayatkan oleh Aisyah. Aisyah berkata: “Bahwasanya Rasulullah SAW mengucap dengan sekali salam berlafadz assalamualaikum. Beliau mengeraskan suaranya hingga membangunkan kami,”.

Hadits tersebut merupakan hadis ma’lul yang mana dibaca oleh Rasulullah SAW ketika sholat malam. Adapun riwayat yang menyebutkan dengan dua salam adalah yang disaksikan oleh para sahabat pada sholat fardhu dan sunnah.

Hadits Aisyah belum jelas mengatakan Nabi SAW memendekkan salam dengan sekali salam. Aisyah hanya mengatakan bahwa sekali salam beliau dapat membangunkan orang-orang, dan tidak menafikan riwayat lain.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement