Senin 27 Jul 2020 15:57 WIB

Generasi Muda Diyakini Bisa Berhasil di Bidang Pertanian

Dana desa dinilai bisa menjadi sumber kegiatan ekonomi.

Petani muda Indonesia Rayndra Syahdan (kiri)
Foto: Dok. Pri
Petani muda Indonesia Rayndra Syahdan (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petani muda Indonesia Rayndra Syahdan Mahmudin mengajak generasi muda Indonesia percaya diri memilih pertanian sebagai jalan meretas mimpi. Dia mengatakan, anak-anak muda Indonesia layak berbangga bila bercita-cita menjadi petani. Namun untuk membuat kebanggan itu tumbuh di dalam hati dan pikiran generasi muda Indonesia, maka harus ada yang memulai dan menjadi teladan.

Itulah dasar Rayndra Syahdan menjadi petani muda. Ryandra pun merintis jalan menjadi petani muda sejak duduk di bangku SMK.

Kini, di usianya yang menginjak usia 24 tahun. Ia menjadi petani muda dengan segudang prestasi. Meski pernah mengalami kegagalan, Rayndra tidak menyerah dan terus berjuang dengan penuh kegigihan.

Pengalaman ini disampaikan Rayndra saat menjadi narasumber dalam Webinar Nasional Ketiga Taruna Merah Putih (TMP) dengan tema  "Penguatan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19" pada Ahad malam (26/7).

Selain Rayndra Syahdan hadir sebagai pembicara Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Ketua Umum BPP HIPMI Mardani Maming dan Founder E Tani Davyn Sudirdjo.

"Saya ingin mengubah image petani yang selama ini ada menjadi petani gaul yang melek internet teknologi dan inovasi dan bermanfaat bagi desa," kata Rayndra.

Saat mulai menggagas, ia hadir dalam Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) padahal ia tak diundang. Ia pun berdiskusi dengan aparat desa dengan basis UU bahwa dana desa boleh digunakan untuk kegiatan ekonomi.

"Saat itu, atau mungkin sekarag juga, peran pemuda belum muncul. Mayoritas orang desa tak tahu ada dana desa. Ini menjadi masalah. ketika pemuda atau pemudi tidak tahu dengan dana desa, maka itu masalah besar. Padahal dana desa itu bisa menjadi modal bersama," ungkap Rayndra.

Rayndra pun mengatakan, potensi anak muda itu seperti air soda. Jika dibuka anak meluap, sementara tapi bila dibiarkan di dalam dan tertutup akan terlihat normal dan biasa saja.

"Sebelum berhasil, anak muda jangan menyerah. Harus ada motivasi dan kemudian adalah komitmen untuk melakukan usaha," ujar dia. 

Rayndra oun mengajak anak-anak muda milenial terus melakukan inovasi di bidang pertanian dan peternakan untuk meningkatkan perekonomian melalui inkubator usaha milenial. 

"Di masa depan, anak-anak Indonesia akan bangga bila bercita-cita dan cinta kepada pertanian.Dan bila menajemen tepat, menjadi petani itu sangat menguntungkan," kat Rayndra.

Ketua Umum TMP Maruarar Sirait mengatakan , tema Penguatan UMKM di Tengah Pandemi ini diambil sebagai kesadaran bersama. "Sebab PDI Perjuangan merupakan partai wong cilik yang mempunyai ideologi Pancasila," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement