Ahad 26 Jul 2020 15:33 WIB

Rossi Nilai Marc Marquez Masih di Jalur Persaingan Gelar

Valentino Rossi menganggap Marc Marquez masih yang tercepat.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Dua pembalap MotoGP, Valentino Rossi (kiri) dan Marc Marquez.
Foto: EPA/Maurizio Brambatti
Dua pembalap MotoGP, Valentino Rossi (kiri) dan Marc Marquez.

REPUBLIKA.CO.ID, JEREZ -- Pembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi, tak sependapat dengan beberapa orang yang menganggap juara dunia 2019, Marc Marquez, sudah keluar dari pertarungan gelar musim ini. Hal ini setelah pembalap Repsol Honda itu dipastikan tak akan mendapatkan poin di dua balapan pembuka MotoGp 2020.

Di seri perdana, Marquez mengalami kecelakaan hebat yang mengakibatkan patah lengan dan harus dioperasi. Meski operasinya berjalan lancar, Marquez menarik diri dari balapan GP Andalusia. Sehingga dia kehilangan poin di dua seri.

Hal tersebut jelas merugikan Marquez dalam upaya mempertahankan gelar. Sebab, musim ini balapan hanya berlangsung 13 putaran karena Covid-19. Oleh karena itu, beberapa pendapat bermunculan bahwa Marquez sudah keluar dari persaingan perebutan gelar.

Rossi tidak setuju dengan pendapat itu. The Doctor menilai Marquez masih mempunyai peluang besar mempertahankan gelar juara. Mengenai apakah Baby Alien bisa dinilai sudah di luar pertarungan perebutan gelar, menurut Rossi, tergantung kepada hasil balapan rivalnya seperti Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Andrea Dovizioso di GP Andalusia.

"Kejuaraan ini singkat dan (Marquez) akan mulai dengan kerugian, tetapi di balapan pertama ia menunjukkan bahwa ia memiliki kecepatan yang hebat dan bisa menang, karena ia yang tercepat. Jadi saya pikir untuknya itu belum berakhir,” kata Rossi dilansir dari Crash, Ahad (26/7).

Quartararo kembali merebut pole position untuk GP Andalusia sehingga memiliki peluang meraih podium tertinggi untuk kedua kalinya musim ini setelah seri perdana. Di grid kedua akan diisi oleh Vinales disusul dan Dovizioso pada grid ketiga.

Rossi tak meraih poin pada seri perdana karena adanya masalah teknis pada motornya. Bagi Rossi, kehilangan poin di awal kejuaraan adalah memalukan. Ia mengklaim terlalu menderita dan terlalu lambat di antara pembalap lain.

Di GP Andalusia, Rossi akan memulai balapan dari grid keempat. Ini kesempatan bagi Rossi untuk menebus kegagalan pada seri perdana dan bersaing dalam pertarungan gelar juara pada kejuaraan yang singkat ini.

"Kejuaraannya lebih pendek dari biasanya, tetapi masih sangat panjang. Jadi target kami, lebih dari memikirkan kejuaraan, adalah berusaha menjadi kuat, berusaha untuk menjadi kompetitif,” jelas Rossi.

Repsol Honda kini hanya mengandalkan saudara kandung Marquez, yaitu Alex Marquez, untuk mendulang poin. Adapun Marc Marquez diperkirakan akan bisa mengaspal kembali pada seri ketiga di Brno, Ceska, 7-9 Agustus mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement