Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Makanan yang Bantu Lawan Flu

Ahad 26 Jul 2020 14:41 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Makanan dengan kandungan gizi tertentu bisa membantu melawan flu (Foto: ilustrasi sup)

Makanan dengan kandungan gizi tertentu bisa membantu melawan flu (Foto: ilustrasi sup)

Makanan dengan kandungan gizi tertentu bisa membantu melawan flu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak enak badan karena flu membuat kita tak semangat menjalani hari. Bila sudah begini, maka penting bagi kita untuk beristirahat sejenak dan menyantap makanan bergizi agar imunitas tubuh bertambah. Hal itu pun dapat membuat tubuh kita lebih cepat dalam pemulihan.

"Penting untuk selalu memakan makanan bergizi, dan meningkatkan sistem imun dengan makan makanan yang tepat sebagai upaya preventif, serta menambah kekuatan untuk melawan virus," jelas Ahli Diet Terdaftar dan Nutrisionis, Kristen Gradney, dilansir di laman USNews, Ahad (26/7).

Makanan yang bergizi mengandung jenis-jenis vitamin tertentu. Beberapa vitamin yang dibutuhkan bagi tubuh saat sakit flu adalah vitamin A, C, D, E, dan Zinc.

Vitamin A dapat menambah imunitas pada tubuh, dan baik untuk mata, jantung, paru-paru, ginjal, dan juga kulit. Sementara vitamin C, dapat menambah antibodi pada tubuh, di mana antibodi tersebut merupakan protein yang dapat melawan sakit.

Sementara vitamin D, dapat membantu sistem imun. Kemudian vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menambah fungsi imun dan dapat menunda beberapa tipe sel yang rusak pada tubuh. Lalu Zinc dapat berfungsi menyembuhkan luka dan juga mendukung imunitas.

Setidaknya ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu tubuh melawan pilek atau flu. Berikut penjelasan Gradney.

 

Sup Ayam

Sup ayam cocok untuk dihidangkan sebagai penawar sakit flu. Ayam mengandung protein, dan sayuran menyediakan berbagai vitamin seperti wortel, yang mengandung vitamin A.

Sup ayam sangat efektif jika kita menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalamnya.  Bawang putih memiliki mineral yang disebut selenium yang membantu tubuh Anda mencegah kerusakan sel. Selain itu, kaldu dalam sup ayam dapat menghidrasi.

Baca Juga

photo
Jus jeruk (ilustrasi) - (©DREAMSTIME)
Jeruk

Untuk meningkatkan asupan vitamin C, makan buah jeruk bisa menjadi solusi. Satu jeruk sedang memiliki 70 mg vitamin C, yang hampir memenuhi tunjangan harian yang direkomendasikan 75 mg untuk wanita dewasa, 90 mg direkomendasikan untuk pria.

Telur

Telur mengandung vitamin D, E, dan protein yang tinggi. Satu sel telur juga memiliki seng 0,65 mg. Berbagai olahan telur sangat bisa dibuat di rumah. Telur orak-arik juga bisa disajikan di atas salmon asap. Atau, sertakan telur dalam burrito sarapan.

Paprika Merah

Para ahli nutrisi memuji paprika merah karena satu cangkir mengandung lebih dari 300 persen dari asupan vitamin C harian yang disarankan. Kandungan ini dapat membantu kita lebih cepat pulih saat sakit. Paprika merah bisa ditambahkan ke dalam sup, salad, atau dipanggang menjadi lauk.

 

Tomat

Satu tomat sedang mengandung 18,9 mg vitamin C. Ini juga memiliki vitamin A dan antioksidan yang disebut likopen yang membantu melindungi kesehatan jantung. Menu sup tomat dapat membantu Anda meningkatkan asupan cairan, yang penting ketika Anda terserang flu atau flu.

 

Yogurt atau Susu Kefir

Yogurt dan kefir kaya akan protein dan vitamin D. Mereka juga memberi bakteri sehat pada usus. Sebab, memiliki usus yang sehat dapat membantu menangkal virus.

Pilih yogurt atau kefir sebagai bagian dari sarapan atau sebagai camilan. Beli yogurt dengan sedikit gula untuk membantu menurunkan asupan gula.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA