Ahad 26 Jul 2020 16:57 WIB

Soal Hagia Sophia, Presiden Uzbekistan Ucapkan Selamat

Erdogan mendapat ucapan selamat dari Uzbekistan soal Hagia Sophia.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Soal Hagia Sophia, Presiden Uzbekistan Ucapkan Selamat. Foto: Presiden Recep Tayyip Erdogan. (Foto file-Anadolu Agency)
Foto: Anadolu Agency
Soal Hagia Sophia, Presiden Uzbekistan Ucapkan Selamat. Foto: Presiden Recep Tayyip Erdogan. (Foto file-Anadolu Agency)

REPUBLIKA.CO.ID, UZBEKISTAN—Presiden Shavkat Mirziyoyev menyampaikan kegembiraannya kepala Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan atas pembukaan Masjid Hagia Sophia, sekaligus pelaksanaan sholat Jumat pertama yang digelar Jumat (24/7) kemarin.

Selain mengucapkan selamat, dalam panggilan teleponnya dengan Erdogan, Mirziyoyev juga mendiskusikan beberapa masalah regional dan serta upaya untuk mempererat hubungan bilateral mereka.

Baca Juga

Sebelum diresmikan menjadi masjid, Hagia Sophia sempat berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun hingga penaklukan Istanbul, dan digunakan sebagai masjid dari 1453 hingga 1934, atau hampir 500 tahun, dan difungsikan sebagai museum selama 86 tahun, sebelum dialihkan kembali sebagai masjid.

Hagia Sophia adalah salah satu bangunan bersejarah yang paling banyak dikunjungi di Turki oleh wisatawan domestik dan internasional. Pada 1985, saat masih difungsikan sebagai museum, Hagia Sophia didaftarkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Pada 10 Juli 2020, pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum, dan mulai membuka jalan untuk penggunaan  kembali Hagia Sophia sebagai masjid setelah jeda 86 tahun.

Sumber:

https://m.yenisafak.com/en/news/uzbek-president-hails-reopening-of-hagia-sophia-mosque-3535322

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement