Sabtu 25 Jul 2020 12:58 WIB

Vietnam Kembali Waspada Covid-19

Ada dugaan kasus lokal pertama Covid-19 di Kota Danang Vietnam

Aktivitas Bandara Hanoi, Vietnam, Kamis (7/5).  Vietnam telah melakukan upaya habis-habisan untuk menyelamatkan nyawa pasien Covid-19
Foto: AP Photo/Hau Dinh
Aktivitas Bandara Hanoi, Vietnam, Kamis (7/5). Vietnam telah melakukan upaya habis-habisan untuk menyelamatkan nyawa pasien Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Vietnam kembali waspada terhadap Covid-19 setelah petugas medis mendeteksi dugaan kasus lokal pertama di negara itu dalam tiga bulan. Vietnam telah berhasil menekan penularan dengan 415 kasus dan tidak ada infeksi secara lokal selama 100 hari. Hal tersebut berkat langkah karantina yang ketat dan pengujian yang agresif berskala luas.

Tetapi pada Jumat (24/7), Kementerian Kesehatan Vietnam mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa seorang lelaki berusia 57 tahun dari Danang, sebuah tempat wisata populer, telah dites tiga kali dan positif Covid-19. Pemerintah setempat pun langsung melakukan isolasi 50 orang yang bersentuhan dengannya. Sebanyak 103 orang yang terhubung dengan pasien positif Covid-19 itu telah menunjukkan hasil negatif.

Kementerian kesehatan setempat belum secara resmi mengonfirmasi kasus tersebut sebagai Covid-19. Tidak disebutkan bagaimana pria itu tertular virus tetapi diketahui dia tidak meninggalkan Kota Danang selama hampir sebulan. Dia awalnya didiagnosis menderita pneumonia.

Pada Jumat malam, otoritas di Hanoi menerapkan kembali aturan memakai masker di tempat-tempat umum. Larangan negara itu untuk penerbangan komersial internasional masih diberlakukan, tetapi para ahli asing dan pekerja terampil telah dapat memasuki Vietnam selama pandemi asalkan mereka menjalani karantina terpusat wajib.

Dari hampir 150 kasus yang dilaporkan selama tiga bulan terakhir, semuanya berasal dari luar negeri dan orang-orang dikarantina pada saat kedatangan. Awal pekan ini, Vietnam mengatakan akan memulangkan sekitar 130 warga Vietnam yang terinfeksi virus dari Equatorial Guinea. Pada Maret, Danang melaporkan enam kasus lokal Covid-19 ketika kapal induk AS Theodore Roosevelt melakukan kunjungan ke kota itu.

sumber : Antara / Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement