Sabtu 25 Jul 2020 03:46 WIB

Seperti Apa Buku Cerita yang Bagus untuk Anak?

Buku harus mampu membuka jendela pikiran dan jendela hati anak.

Seorang siswi Sekolah Dasar membaca buku komik tentang kebencanaan pada peluncurannya di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (19/6/2019).
Foto: Antara/Basri Marzuki
Seorang siswi Sekolah Dasar membaca buku komik tentang kebencanaan pada peluncurannya di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (19/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah penulis menyatakan buku cerita anak yang baik adalah buku yang mampu membuka jendela pikiran dan jendela hati anak-anak. Pernyataan itu muncul dalam Seminar Buku Cerita Anak Berkualitas: Dari Kreator Buku untuk Anak Indonesia Gembira yang diselenggarakan oleh Room to Read bersama ProVisi Education dalam Rangka Hari Anak Nasional 2020.

"Buku cerita yang menarik adalah yang mampu membuat anak-anak terlibat dalam buku," ujar penulis buku anak, Imelda Naomi, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (25/7).

Baca Juga

Dia menambahkan melalui buku-buku tersebut, anak-anak menjadi ingin terus-menerus membaca. Room to Read menerapkan proses pembuatan buku berkelanjutan dalam proses pembuatan buku cerita anak yang berkualitas.

Associate Director Book Publishing Room to Read Global, Mahesh Pathirathna, menyampaikan Room to Read telah mengembangkan buku cerita anak dalam 30 bahasa untuk mendukung kegembiraan membaca anak-anak. Di Indonesia, Room to Read pertama kalinya bekerja sama dengan penerbit lokal dan pemerintah.

"Room to Read menyediakan lokakarya dan mentoring untuk penerbit, penulis, dan ilustrator, untuk memastikan tersedianya buku-buku berkualitas yang dapat dinikmati oleh beragam anak di Indonesia," kata Mahesh.

Mahesh menjelaskan anak adalah bagian dari masyarakat. Oleh karenanya Room to Read menyajikan berbagai format buku anak, non fiksi, cerita rakyat, serta koleksi khusus misalnya cerita tentang anak tunanetra.

Lokakarya dan mentoring buku-buku Room to Read telah memberikan pengetahuan dan mengubah cara pandang para penulis dan ilustrator.

"Membuat buku anak tampaknya mudah, namun kami harus sangat teliti dan memberikan deskripsi sangat detail,” kata penulis buku anak yang juga guru sekolah dasar, Kusumadewi Yuliani.

Saat menulis buku "Lautkah Ini?", Kusumadewi harus sungguh-sungguh mempelajari siklus air dan mencari tahu ukuran tetes air agar bisa menjelaskan dengan detail kepada ilustrator. Buku tersebut hadir setelah Kusumadewi terinspirasi oleh pertanyaan dari siswanya.

"Proses penulisannya sangat panjang, tapi semuanya terbayar saat melihat buku-buku kita disebarkan ke seluruh Indonesia dan dibaca oleh anak-anak," kata Kusumadewi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement