Jumat 24 Jul 2020 20:43 WIB

Kota Malang Catat Jumlah Harian Tertinggi Positif Covid-19

Pada hari ini dilaporkan tambahan 48 kasus baru positif Covid-19 di Kota Malang.

Petugas kelelahan usai melakukan prosesi pemakaman jenazah Covid-19 di Kota Malang. (ilustrasi)
Foto: Dok. Pribadi/Sutiono
Petugas kelelahan usai melakukan prosesi pemakaman jenazah Covid-19 di Kota Malang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Jumlah pasien yang positif terjangkit Covid-19 di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, pada Jumat (4/7) dilaporkan bertambah 48 orang atau menjadi kenaikan tertinggi. Sehingga, secara keseluruhan ada sebanyak 492 kasus positif virus corona di kota tersebut.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang Nur Widianto mengatakan bahwa, dari total 48 pasien tambahan positif Covid-19 tersebut, sebanyak 47 orang saat ini telah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid19.

Baca Juga

“Sebanyak 47 pasien sudah pada posisi rawat inap di rumah sakit, dan hasil swab baru keluar hari ini. Satu orang lainnya dirawat di rumah,” kata Widianto, di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat.

Sebagai catatan, penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 48 orang dalam satu hari di Kota Malang tersebut, merupakan yang paling tinggi sejak pandemi Covid-19 mulai merebak di wilayah itu. Widianto menambahkan, dari total 48 kasus baru Covid-19 tersebut, sebanyak 36 orang sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) atau yang saat ini disebut suspek dan lima di antaranya dilaporkan telah meninggal dunia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, lanjut Widianto, 48 pasien yang dinyatakan positif Covid-19 itu menjalani tes usap atau swab test pada 10-21 Juli 2020. Namun, belum ada informasi pasti terkait mulai kapan pasien tersebut sudah menjalani perawatan di rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

"Potensi besar tambahan kasus berasal dari PDP yang hasil swabnya baru keluar," ujar Widianto.

Widianto mengatakan, Pemerintah Kota Malang hingga saat ini terus berupaya untuk menekan penambahan kasus baru positif Covid-19. Di antaranya dengan mengoptimalkan pelacakan atau tracing, perawatan, dan operasi disiplin penerapan protokol kesehatan.

"Kami berupaya dengan memperkuat tracing sehingga mendapatkan gambaran utuh terkait kontak erat. Selain itu, optimalisasi perawatan, dan rutin melakukan operasi disiplin," ujar Widianto.

Tercatat, jumlah suspek Covid-19 di wilayah Kota Malang hingga saat ini ada sebanyak 586 orang. Dari total tersebut, sebanyak 59 orang dilaporkan meninggal dunia, 275 orang berada dalam perawatan, dan sisanya sudah dinyatakan sehat.

photo
10 besar daerah dengan rasio kasus Covid-19 tertinggi. - (Infografis Republika.co.id)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement