Jumat 24 Jul 2020 19:04 WIB

Masjid Sunda Kelapa tak Potong Hewan Qurban, Ini Alasannya

Masjid Sunda Kelapa tetap menggelar Shalat Id.

Rep: Eva Rianti/ Red: Karta Raharja Ucu
Masjid Sunda Kelapa tidak menggelar pemotongan hewan kurban. Foto: Hewan Kurban (Ilustrasi)
Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Masjid Sunda Kelapa tidak menggelar pemotongan hewan kurban. Foto: Hewan Kurban (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Pusat tidak mengadakan pemotongan hewan qurban pada perayaan Idul Adha 1441 Hijriyah pada akhir Juli 2020. Hal itu dilakukan guna menghindari kemudharatan bagi umat di tengah ancaman tersebarnya virus corona. Meski demikian, Shalat Id tetap digelar di Masjid Sunda Kelapa.

“Sejauh ini kami mengambil tindakan tidak ada penyembelihan qurban, mengikuti arahan pemprov,” kata Sekretaris Ketua Pengurus Masjid Sunda Kelapa Pangeran Arsyad Ihsanulhaq ketika ditemui Republika.co.id di Masjid Sunda Kelapa, Kamis (16/7).

 

Pangeran menjelaskan, tidak adanya pemotongan hewan qurban di Masjid Sunda Kelapa merupakan ikhtiar untuk menghindari kemudharatan terhadap ancaman penyebaran virus corona. Pengurus mengantisipasi terjadinya kerumunan masyarakat sekaligus sikap kurang waspada dari masyarakat, yang bisa menjadi sebab tersebarnya virus corona.

“Dalam hal ini kami lebih menghindari kemudharatan karena itu lebih diutamakan daripada meraih kemaslahatan,” jelas Pangeran. Pengurus pun akan mengikuti perkembangan aturan dari Pemprov DKI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement