Jumat 24 Jul 2020 17:02 WIB

Alumni UMY Buat Platform Digital Jasa Tukang

UMY menciptakan sebuah platform yang mewadahi tukang-tukang untuk memasarkan jasanya

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
UMY melahirkan platform bisnis digital jasa tukang, Betukang.id.
Foto: UMY
UMY melahirkan platform bisnis digital jasa tukang, Betukang.id.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pada era digital saat ini tidak dapat dipungkiri platform bisnis digital dengan jenis yang beragam ikut berkembang pesat. Lewat kreativitas, anak-anak muda tidak ketinggalan unjuk gigi menampilkan karya-karyanya.

Salah satunya Surya Mahardika yang merupakan lulusan Prodi Komunikasi dan Konseling Islam di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Inovasinya berhasil melahirkan platform bisnis digital jasa tukang, Betukang.id.

Baca Juga

Melalui karyanya itu, Surya mencoba menjawab keresahan yang kerap didapati masyarakat, khususnya di daerah asalnya Pontianak. Yang mana, masyarakat tidak jarang harus menemui kesulitan untuk mendapatkan jasa tukang.

Untuk itu, Surya menciptakan sebuah platform yang mewadahi tukang-tukang untuk memasarkan jasanya di media sosial seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp. Ia melihat, bisnis digital memang sangat menjanjikan hari ini.

Menurut Surya, perkembangan bisnis digital saat ini mengalami pertumbuhan dengan sangat masif. Karenanya, ia berpendapat, jika tidak mengambil peran dan ikut berkecimpung di dalamnya, kita tentu saja akan semakin tertinggal.

"Saran saya untuk anak muda, ke luar dari zona nyaman, kembangkan kreativitas dan wawasan untuk dikembangan dan dijadikan bisnis digital," kata Surya selaku Co-Founder dan CMO Betukang.id, Jumat (24/7).

Selain jasa tukang, platform yang berdiri sejak Desember 2019 ini sediakan jasa penyewaan mobil dan jasa survei. Hingga kini, Betukang.id sudah miliki 32 tukang, 24 pekerjaan, dan mendapatkan lebih dari 100 panggilan pekerjaan.

Platform digital Betukang.id ini menjadi layanan tukang secara online yang pertama di Pontianak. Ke depan, tidak menutup kemungkinan Betukang.id akan meluncurkan situs web dan aplikasi seperti startup-starup lain.

"Saya berharap platform ini dapat menjadi sebuah marketplace penyediaan layanan jasa tukang yang berkualitas dan membawa dampak baik bagi masyarakat," ujar Surya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement