Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo Positif Corona

Jumat 24 Jul 2020 15:47 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Bayu Hermawan

Achmad Purnomo (tengah)

Achmad Purnomo (tengah)

Foto: Antara/Galih Pradipta
Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo terkonfirmasi positif corona.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wakil Wali (Wawali) Kota Solo, Achmad Purnomo terkonfimasi positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Purnomo saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya, karena termasuk pasien tanpa gejala.

Kabar Wawali positif Covid-19 tersebut dibenarkan oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Wali Kota menyatakan, hasil uji usap (swab) secara polymerase chain reaction (PCR) yang pertama hasilnya masih antara positif dan negatif atau abu-abu. 

Baca Juga

"Swab yang kedua hasilnya positif," ucap Rudyatmo saat dihubungi wartawan, Jumat (24/7).

Menurutnya, Purnomo melakukan uji usap setelah pulang dari Jakarta pekan lalu. Purnomo diketahui ke Jakarta untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo di Istana Presiden. "Yang penting jangan bingung, jangan takut, jangan stres, besok (Sabtu) di-swab semua yang pernah kontak dengan beliau," ujarnya.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, juga membenarkan kabar tersebut. Dia mengatakan saat ini Purnomo tengah menjalani isolasi mandiri. Gugus Tugas langsung melakukan penelusuran (tracing) kontak dekat dengan Purnomo.

"Sejak kemarin beliau sudah istirahat. Hasilnya [tes swab] keluar Rabu (22/7) kalau enggak salah. Rabu atau Kamis (23/7). Kamis pagi disampaikan," ucap Ahyani.

Sementara itu, Purnomo mengaku belum mendapat kabar terkait hasil uji swab yang dia lakoni beberapa hari lalu. "Saya kan dua kali swab, pertama hasilnya negatif, yang kedua tendensi positif. Belum bisa disimpulkan. Hasilnya saya tunggu kok," jelas Purnomo saat dihubungi wartawan.

Purnomo menyatakan saat ini dirinya berada di rumah. Dia juga mengaku kondisinya sehat dan tidak ada keluhan. "Saya merasa sehat sekali, tidak ada keluhan. Tapi hati-hati. Kemarin sore masih rapat OJK. Isunya kemarin sore," pungkasnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA