Jumat 24 Jul 2020 15:20 WIB

Mulan, Star Wars, Avatar Undur Jadwal Tayang Akibat Pandemi

Disney bahkan tak bisa mengonfirmasi waktu pasti perilisan Mulan.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Reiny Dwinanda
Salah satu adegan di film live action Mulan. Disney mengekor Warner Bros yang sudah lebih dulu menunda perilisan filmnya tanpa batas waktu. Mulan pun tak jelas kapan akan diputar.
Foto: Walt DIsney Studios.
Salah satu adegan di film live action Mulan. Disney mengekor Warner Bros yang sudah lebih dulu menunda perilisan filmnya tanpa batas waktu. Mulan pun tak jelas kapan akan diputar.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sejumlah film layar lebar mengalami penundaan tayang akibat wabah virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Film blockbuster yang dipastikan batal tayang adalah Mulan, Star Wars, dan Avatar. Mulan versi live-action awalnya dijadwalkan diputar di bioskop pada 21 Agustus.

"Selama beberapa bulan terakhir, tidak mungkin ada jadwal pasti perilisan film karena krisis kesehatan global dan hari ini itu berarti menghentikan rencana rilis untuk Mulan sambil mencoba menilai bagaimana cara efektif membawa film ini ke penonton di seluruh dunia," kata juru bicara Disney kepada New York Post, Jumat (24/7).

 

Disney bahkan tidak bisa mengonfirmasi waktu pasti perilisan film live action animasi klasik tersebut. Mereka mengatakan bahwa penundaan penayangan Mulan akan ditunda tanpa batas waktu.

 

Keputusan Disney mengekor Warner Bros yang sudah lebih dulu menunda perilisan filmnya tanpa batasan waktu. Warner Bros telah menunda penayangan film bergenre aksi mata-mata unggulan Tenet yang semula dijadwalkan diputar di bioskop pada 12 Agustus. 

 

Sementara itu, Disney punya rencana yang lebih jelas untuk film Avatar dan Star Wars. Disney mengongfirmasi bahwa film Avatar 2 dijadwalkan tayang 17 Desember 2021 ditunda hingga 16 Desember 2022.

 

Sementara itu, Avatar 3 akan pindah waktu tayang dari semula di 22 Desember 2021 ke 20 Desember 2024. Sekuel lanjutannya, Avatar 4, yang didorong rilis pada 19 Desember 2025 ditunda hingga 18 Desember 2026. Hal serupa juga dialami Avatar 5 yang akan pindah dari 17 Desember 2027 ke 12 Desember 2028.

 

Sedangkan film sekuel Star Wars yang direncanakan akan keluar pada 16 Desember 2022 mengalami pindah waktu tayang ke 22 Desember 2023. Dua film Star Wars yang ditunggu-tunggu lainnya juga mengalami penundaan waktu pemutaran di bioskop pada 19 Desember 2025 dan 17 Desember 2027.

 

Sementara itu, penundaan waktu tayang beberapa film blockbuster itu menjadi pukulan tersendiri bagi industri bioskop. Film-film kenamaan tersebut awalnya diharapkan untuk membantu mereka melanjutkan bisnis.

 

Pada Kamis, AMC mendorong bioskop untuk kembali beroperasi pada pertengahan hingga akhir Agustus. Hal itu mengingat fakta bahwa tidak ada film baru untuk ditampilkan sampai saat itu, ketika Mulan dijadwalkan untuk tayang di layar lebar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement