Kamis 23 Jul 2020 20:38 WIB

FDK UIN Bandung Terapkan Perkuliahan e-Knows

Sistem pembelajaran di UIN SGD akan diseragamkan dengan menggunakan e-Knows.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr H Ahmad Sarbini, MAg (kiri) dan pemateri Bimtek e-Knows Dr H Cecep Nurul Alam, ST MT di Kampus UIN SGD Bandung, Selasa (21/7).
Foto: Istimewa
Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr H Ahmad Sarbini, MAg (kiri) dan pemateri Bimtek e-Knows Dr H Cecep Nurul Alam, ST MT di Kampus UIN SGD Bandung, Selasa (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia masih berdampak besar termasuk pada sektor pendidikan. Agar pembelajaran tetap berlangsung di era pandemi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung menggunakan aplikasi e-Knows.

Tujuannya, agar pembelajaran daring bisa seragam dilaksanakan oleh semua dosen dan mahasiswa. Dalam rangka memaksimalkan program pembelajaran e-Knows, FDK UIN SGD Bandung telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Knows, belum lama ini.

Kegiatan Bimtek itu merupakan kerja sama dengan Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD). Dekan FDK UIN SGD Bandung Dr H Ahmad Sarbini M.Ag mengatakan, Bimtek e-Knows untuk menjawab sekaligus mengimplementasikan agenda UIN Bandung, dalam melaksanakan pelayanan kuliah daring secara maksimal.

‘’Karena UIN sudah memiliki e-Knows, semua wajib menggunakannya tanpa kecuali. Rektor tidak ingin ada penggunaan aplikasi yang lainnya,’’ ujar Ahmad dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (23/4).

Wakil Dekan Bidang Akademik FDK UIN yang juga penanggung jawab pembelajaran Dr H Enjang AS M.Si M.Ag menyampaikan, proses pembelajaran yang menjadi salah satu perangkatnya adalah medianya,  yaitu e-Knows. Oleh karena itu, pembelajaran 2020-2021 wajib menggunakan e-Knows.

Disebutkan Enjang, e-Knows dalam pandemi Covid-19 merupakan salah satu solusi terbaik, agar perkuliahan dapat tetap berjalan. Dengan e-Knows, mahasiswa  dapat  mengakses  materi  kuliah  dan melakukan pembelajaran mandiri. ‘’Dosen dan mahasiswa dapat mengakses sistem e-Knows dalam waktu yang bersamaan atau berbeda,’’ tandasnya.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement