Kamis 23 Jul 2020 19:27 WIB

Solo Dapat Dua Ekor Sapi Qurban dari Jokowi

Dua ekor sapi itu akan disalurkan ke Masjid Agung Keraton Solo dan Masjid Al Wustho.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas memeriksa kesehatan hewan kurban di Pasar Domba dan Sapi Kurban (ilustrasi)
Foto: ANTARA/RAISAN AL FARISI
Petugas memeriksa kesehatan hewan kurban di Pasar Domba dan Sapi Kurban (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Seperti biasanya dalam setiap Hari Raya Idul Adha, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berqurban sapi bagi warga Solo. Tahun ini, Jokowi berqurban dua ekor sapi.

Dua ekor sapi tersebut akan disalurkan ke Masjid Agung Keraton Solo dan Masjid Al Wustho di kompleks Pura Mangkunegaran. Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Solo, Bambang Harjanto, mengatakan, penandatanganan berita serah terima sapi qurban dari Presiden dilakukan Kamis (23/7) pagi. Presiden diwakili oleh Adun Rusnawan dari Kantor Sekretariat Presiden. Berita acara diterima oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, Sekda Solo Ahyani, dan Kabag Kesra Danang Sulindriyanto.

Baca Juga

"Kedua sapi berjenis limousin, yang didatangkan dari dua daerah yakni Sragen dan Sukoharjo," terang Bambang kepada wartawan, Kamis (23/7).

Bambang merinci, sapi yang disalurkan untuk Masjid Agung berusia 4 tahun 3 bulan seberat 1,03 ton. Sapi tersebut didatangkan dari Desa Glondongan RT 01/RW 02 Kelurahan Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.

Sedangkan sapi untuk Masjid Al Wustho berusia di atas tiga tahun. Sapi seberat 930 kilogram tersebut didatangkan dari Dusun Soko, Desa Tegal Ombo, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. "Kedua sapi tersebut akan langsung diantarkan dari kandang ke masing-masing masjid pada H-1 menunggu kesiapan dua masjid," imbuhnya.

Terkait penyerahan secara resmi dari Pemkot kepada kedua masjid tersebut masih dijadwalkan setelah sholat Idul Adha. Sementara untuk lokasi penyembelihan hewan qurban masih dirapatkan. Sebab, hal itu untuk mengantisipasi penyebaran virus di tengah pandemi Covid-19

"Masih akan dirapatkan apakah akan disembelih di halaman masjid atau di tempat penyembelihan milik Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan di Jagalan," ucapnya.

Bambang menambahkan, selain sapi dari Presiden Jokowi, Pemkot Solo juga akan menghibahkan tujuh ekor sapi qurban pada Hari Raya Idul Adha. Sapi-sapi tersebut akan disalurkan ke lima kecamatan. Pengadaan tujuh sapi itu menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). "Untuk sapi dari Pemkot saat ini masih pengadaan," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement