Jumat 24 Jul 2020 00:49 WIB

Fakta-Fakta Peluncuran Pertama Misi China ke Mars

China meluncurkan misi ke Mars dengan roket Long March 5.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Roket yang membawa China Tianwen-1 Mars rover terlihat setelah lepas landas di Wenchang, provinsi Hainan, China, Kamis (23/7/2020).
Foto: EPA-EFE/STR CHINA OUT
Roket yang membawa China Tianwen-1 Mars rover terlihat setelah lepas landas di Wenchang, provinsi Hainan, China, Kamis (23/7/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, HAINAN -- China telah meluncurkan misi penjelajah pertamanya ke Mars. Robot beroda enam, yang dirangkum dalam sebuah probe pelindung, diangkat dari Bumi dengan roket Long March 5 dari pelabuhan antariksa Wenchang di Pulau Hainan pada pukul 12:40 waktu setempat.

Roket ini akan tiba di orbit di sekitar Planet Merah pada bulan Februari. Dilansir di BBC, Kamis (23/7) misi ini sisebut Tianwen-1, atau "Pertanyaan ke Surga". Robot penjelajah tidak akan benar-benar mencoba untuk mendarat di permukaan planet selama dua hingga tiga bulan lebih lanjut.

Baca Juga

Strategi wait and see ini berhasil digunakan oleh pendarat Viking Amerika di tahun 1970-an. Ini akan memungkinkan para insinyur untuk menilai kondisi atmosfer di Mars sebelum mencoba apa yang akan menjadi pendaratan berbahaya.

Lokasi pendaratan (touchdown) yang ditargetkan untuk misi China berada di dataran datar dalam cekungan Utopia di utara khatulistiwa Mars. Robot rover ini akan mempelajari geologi wilayah itu baik di atas maupun bawah permukaan.

Tianwen-1 sangat mirip dengan rover Spirit and Opportunity NASA dari tahun 2000-an. Beratnya sekitar 240kg dan ditenagai oleh panel surya lipat.

Tiang tinggi membawa kamera untuk mengambil gambar dan membantu navigasi. Lima instrumen tambahan akan membantu menilai mineralogi batuan lokal dan mencari es air.

Histori penjelajahan ke Mars

Statistik historis untuk penjelajahan Planet Merah sangat terkenal. Sekitar setengah dari semua usaha penjelajahan telah gagal. Upaya pertama China untuk mengirim satelit, Yinghuo-1, ke dunia berdebu ini terhenti di orbit Bumi ketika masuk ke tahap mesin pembawa Rusia yang gagal dan jatuh kembali ke Samudra Pasifik.

Sejauh ini, hanya orang Amerika yang berhasil menjalankan operasi berumur panjang di Mars (Mars Soviet-3 dan misi Beagle-2 Eropa mendarat, tetapi gagal tak lama kemudian).

Bagaimanapun China dapat mengambil kepercayaan dari keberhasilan dua penemu bulan Chang'e Yutu baru-baru ini. Yutu yang telah melakukan pendaratan lunak pertama di sisi jauh Bulan tahun lalu.

Insinyur negara itu akan percaya bahwa mereka sekarang siap untuk mengatasi 'tujuh menit teror'. Itu adalah waktu yang dibutuhkan pesawat ruang angkasa untuk melakukan perjalanan berbahaya dari puncak atmosfer Mars ke daratan.

"Memasuki, perlambatan dan pendaratan (EDL) adalah sangat sulit (proses). Kami percaya proses EDL China masih bisa berhasil, dan pesawat ruang angkasa dapat mendarat dengan aman," kata juru bicara misi, Liu Tongjie sebelum peluncuran.

Tianwen-1 akan menggunakan kombinasi kapsul, parasut, dan roket retro untuk membakar kecepatan masuk dan memperlambat dirinya hingga berhenti tepat di permukaan. Jika semuanya berjalan dengan baik, mekanisme pendaratan akan mengerahkan tanjakan untuk memungkinkan penjelajah memulai lintasannya melintasi dataran Mars.

Ilmuwan China ingin mendapatkan setidaknya 90 hari kerja Mars dari robot.  Sehari, atau Sol, di Mars berlangsung 24 jam dan 39 menit.

"Sangat menarik melihat apa yang dilakukan China," kata Dr. Rain Irshad, pemimpin sistem otonom di RAL Space di Inggris.

Badan antariksa China baru dibentuk pada tahun 1993. Namun di sinilah mereka, kurang dari 30 tahun kemudian, mengirimkan pengorbit, pendarat dan penjelajah ke Mars.

"Tapi mereka menempatkan diri mereka melalui program pelatihan dengan misi Chang'e mereka di Bulan. Sangat mengesankan cara mereka telah meluncurkan misi bulan satu demi satu." kata Dr. Irshad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement