Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Amalan yang Dicintai Allah pada Bulan Dzulhijjah

Kamis 23 Jul 2020 17:57 WIB

Rep: Rahayu Marini Hakim/ Red: Karta Raharja Ucu

Perbanyak amalan di bulan Dzulhijjah.

Perbanyak amalan di bulan Dzulhijjah.

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pada bulan Dzulhijjah Allah menyiapkan sederet pahala bagi yang melakukan amal sholeh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustadz Muhammad Burhanudin, M.Pd.i, pemilik pondok pesantren Nurul Amal Al Islam menyebut bulan Dzulhijjah adalah bulan yang dimuliakan Allah. Termasuk ke dalam bulan yang dikategorikan Allah sebagai satu dari empat bulan dilarangnya pertumpahan darah atau peperangan.

“Di bulan Dzulhijjah ada hari-hari yang dipilih oleh Allah sebagai hari terbaik sepanjang tahun. Pada Surah Al-Fajr ayat 1-2 mengenai 10 malam pertama ini,” ujarnya kepada Republika.

Selain itu Ustadz Burhanudin menyebut 10 hari bulan Dzulhijjah sebagai hari yang istimewa karena menjadi sumpah oleh Allah dalam firmannya. Maka amalan yang dicintai Allah adalah menumpahkan darah hewan kurban.

Selain itu Islam disempurnakan oleh Allah pada bulan Dzulhijjah yang disebutkan pada Alquran Surah Al-Maidah ayat 3. "Yang diartikan terjadi pada Haji Wada atau bulan Dzulhijjah."

Selanjutnya, kata dia, keutamaan bulan Dzulhijjah juga karena terdapat puasa tarwiyah dan arafah, di mana jika dilakukan maka akan menghapuskan dosa tahun lalu dan yang akan datang.

Keistimewaan juga terdapat di dalamnya karena ibadah haji dan kurban pada bulan tersebut. "Terakhir, karena pada bulan tersebut umat Islam di seluruh dunia melaksanakan wukuf di Arafah untuk melaksanakan rukun haji yang ke lima," ucap Ustadz Barhanudin.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA