Kamis 23 Jul 2020 12:43 WIB

Ibu Kaget, Sang Anak Habiskan Rp 290 Juta untuk Gim Daring

Sang anak mengatakan tak sadar telah menghabiskan begitu banyak uang.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Gim daring (ilustrasi).
Foto: Foto : MgRol_94
Gim daring (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Melalui laman Reddit, seorang ibu menceritakan kisah tentang putranya yang menghabiskan uang hampir 20 ribu dolar AS atau sekitar Rp 290 juta untuk bermain gim daring. Dalam unggahan yang kini sudah dihapus itu, sang ibu menjelaskan bagaimana putranya yang berusia 14 tahun menghabiskan 19.870 dolar AS untuk gim Fortnite dan Twitch selama 17 hari.

"Anak saya menghabiskan hampir 20 ribu dolar AS menggunakan kartu debit untuk berlangganan dan donasi, membersihkan saldo tanpa sepengetahuan dan izin saya," tulis sang ibu dilansir di 7news.com, Rabu (22/7).

Dia meratapi, uang yang dihemat selama bertahun-tahun itu hilang dalam waktu 17 hari. Sebenarnya, ibu itu memberi putranya kartu debit dengan saldo kecil untuk membeli makan siang di sekolah. Namun pada titik tertentu, anak itu dapat memperoleh akses ke perbankan daring ibunya.

Anak itu lantas mentransfer uang dari rekening ibu ke kartu debitnya. Dia pun membelanjakan uang itu untuk langganan gim dan sumbangan untuk pengguna Twitch. Kepada situs web permainan DotESports, ibu tersebut mengatakan donasi diberikan pada pita Twitch populer seperti, Tfue, Gorb, dan Ewokttv.

"Awalnya saya menangis. Saya tak percaya dia bisa melakukan ini," ujar si ibu.

Ibu tersebut hanya memeriksa rekening setiap dua pekan sehingga tidak memperhatikan transaksi yang terjadi. Ketika meminta penjelasan, putranya mengatakan tak sadar telah menghabiskan begitu banyak uang.

Sang ibu mengatakan telah menghubungi Twitch dan pita-pita individual untuk mengembalikan uangnya. Namun, bank mengatakan transaksi itu tidak dianggap sebagai penipuan sehingga dapat dikembalikan, kecuali jika sang ibu mengajukan tuntutan terhadap putranya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement