Kamis 23 Jul 2020 11:58 WIB

Bangun Pabrik Baru, Tesla Siapkan Dana Rp 14,6 Triliun

Tesla juga sedang mempertimbangkan wilayah lainnya di Tulsa untuk Cybertruck.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Pabrik Tesla di Nevada
Foto: Reuters
Pabrik Tesla di Nevada

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Produsen mobil listrik, Tesla, akan membangun pabrik Cybertruck senilai 1,1 miliar dolar AS atau setara Rp14,6 triliun di dekat Austin, Texas. Pabrik tersebut rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 2.000 hektare.

"Ini akan menjadi surga ekologis dan terbuka untuk umum," kata CEO Tesla, Elon Musk dikutip Reuters.

Selain Texas, Tesla juga sedang mempertimbangkan wilayah lainnya di Tulsa, Oklahoma, untuk lokasi produksi Cybertruck. Musk dan timnya bertemu awal bulan ini dengan para pejabat di kedua negara.

Tidak hanya Cybertruck, Musk mengatakan, pabrik di lokasi baru ini nantinya juga akan digunakan untuk tempat memproduksi Model 3 dan Model Y. Rencana pembangunan pabrik itu disambut baik oleh Gubernur Texas Greg Abbott menyambut berita itu. 

"Tesla adalah salah satu perusahaan paling menarik dan inovatif di dunia, dan kami bangga menyambut timnya ke Negara Bagian Texas," katanya dalam sebuah pernyataan.

Sementara Sekretaris perdagangan Oklahoma, Sean Kouplen, mengatakan akan membujuk Tesla untuk membangun pabrik lokasi di Oklahoma. Kedua negara menawarkan paket insentif yang besar, termasuk keringanan pajak hingga puluhan juta dolar AS.

Tesla mengatakan kepada pejabat Texas bahwa pabrik itu akan menciptakan setidaknya 5.000 lapangan pekerjaan. Sementara di Oklahoma, Tesla mengatakan pabrik baru akan membuka hingga 7.000 lapangan pekerjaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement