Rabu 22 Jul 2020 23:47 WIB

Wali Kota Banda Aceh Ajak ASN Berqurban di Masa Pandemi

Pada masa ini, sebagian besar orang mengalami kesulitan secara ekonomi.

Wali Kota Banda Aceh Ajak ASN Berqurban di Masa Pandemi (ilustrasi)
Foto: ANTARA/RAISAN AL FARISI
Wali Kota Banda Aceh Ajak ASN Berqurban di Masa Pandemi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDA ACEH -- Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengajak aparatur sipil negara (ASN) di jajaran pemerintah kota setempat secara rutin seperti tahun-tahun sebelumnya melaksanakan ibadah qurban walau di masa pandemi Covid-19 demi meningkatkan semangat berbagi.

"Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, tinggal menghitung hari. Pada momen ini, umat Muslim yang memiliki rezeki dan sudah mampu disunahkan untuk melaksanakan qurban," kata Aminullah di Banda Aceh, Rabu (22/7).

Berdasarkan data diterima pihaknya dari Bagian Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Banda Aceh menyebut, hingga kini tercatat 195 hewan qurban dengan rincian 140 ekor sapi dan 55 ekor kambing yang akan dikurbankan oleh ASN Pemko Banda Aceh.

Jika dibanding pelaksanaan Idul Adha tahun 2019, jumlah hewan qurban tercatat 100 ekor terdiri dari 71 sapi, dan 29 kambing, maka terjadi peningkatan. Selain dibagikan ke gampong-gampong (desa-desa), hewan qurban tersebut juga diberikan untuk panti asuhan, dayah (pesantren), dan kalangan disabilitas.

Melihat terjadi peningkatan, tetapi wali kota kembali mengimbau dan mengajak agar seluruh ASN di lingkungan Pemko Banda Aceh yang memiliki kelebihan rezeki untuk berqurban.

Ia memotivasi bahwa selain meneladani sifat Nabi Ibrahim, banyak keistimewaan berqurban lainnya. Apalagi di tengah pendemi Covid-19, seperti sekarang ini. "Pada masa ini, sebagian besar orang mengalami kesulitan secara ekonomi," ujarnya.

Begitu juga ASN di lingkungan Pemko Banda Aceh, seperti tahun-tahun sebelumnya secara rutin melaksanakan ibadah qurban. Namun berbeda tahun ini di masa pandemi Covid-19 ada kemungkinan terjadi peningkatan jumlah hewan qurban.

"Pun begitu, bagi ASN yang tetap berqurban dalam kondisi yang sulit seperti ini. Insya Allah, akan mendapat pahala yang lebih besar dibanding pada situasi normal," ujarnya.

Keistimewaan lainnya adalah, terang dia, jika harta terbaik yang disedekahkan dalam ibadah kurban. "Akan menjadi keberkahan untuk kita sendiri dan keluarga, serta menambah ketakwaan kita kepada Allah SWT," ujarnya lagi.

Wali Kota Aminullah juga mengingatkan agar semua pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama merayakan Idul Adha tahun ini, dan menjalankan prosesi ibadah qurban. "Tetap memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak, dan menjaga kebersihan lingkungan tempat pelaksanaan kurban," katanya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement