Rabu 22 Jul 2020 18:30 WIB

RI Bakal Jadi Ekonomi Terbesar Dunia, Ini Kata Kemenkeu

Akan terjadi pergeseran susunan perekonomian terbesar di dunia pada 2024.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Nidia Zuraya
Ekonomi Indonesia, ilustrasi.
Foto: Republika
Ekonomi Indonesia, ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) memprediksi, Indonesia akan menjadi negara perekonomian terbesar kelima pada 2024. Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan, pencapaian proyeksi tersebut akan sangat bergantung pada proses pemulihan pasca penanganan Covid-19.

"Kerja keras penanganan Covid-19 2020 akan sangat menentukan pemulihan di tahun-tahun berikutnya," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Rabu (22/7).

Baca Juga

Dalam data yang dilansir di situs resmi World Economic Forum (WEF), akan terjadi pergeseran susunan perekonomian terbesar di dunia pada 2024. Asia akan semakin mendominasi posisi 5 teratas, menggeser posisi beberapa negara Eropa.

Setelah China dan Jepang yang saat ini sudah berada di posisi 5 besar, Indonesia dan India diprediksi akan menggantikan posisi Inggris dan Jerman.

Febrio menjelaskan, prediksi tersebut patut disyukuri dan diperlakukan sebagai motivasi bagi Indonesia. Pemerintah harus terus melakukan kebijakan yang tepat dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional.

"Dengan demikian, diharapkan dampak krisis dapat diminimalisir, perekonomian segera bangkit, dan Indonesia dapat terus merealisasikan aspirasinya menjadi perekonomian besar dan maju di dunia," ujar Febrio.

Febrio mengatakan, salah satu alasan dibalik pergeseran dominasi ekonomi ini adalah pertumbuhan kelompok kelas menengah di Asia. Selain itu, sisi demografi juga berkontribusi positif pada pergeseran dominasi Asia.

Menurut WEF, di saat pertumbuhan China diprediksi melandai seiring dengan populasi penduduk yang menua, Indonesia bersama Malaysia dan Filipina justru diharapkan menjadi champion perekonomian Asia dengan motor pertumbuhan berupa meningkatnya angkatan kerja.

Indonesia akan akan berada di lima besar bersama dengan China, Amerika Serikat, India dan Jepang. “India dan Indonesia yang baru-baru ini memasuki 10 besar ekonomi terbesar di dunia diperkirakan akan mencapai peringkat tiga dan lima pada 2024,” seperti dikutip dari situs resmi WEF, Rabu (22/7).

Tapi, pertumbuhan yang cepat di Asia juga diiringi dengan serangkaian masalah. Misalnya, kesenjangan yang semakin tinggi antara pendapatan di pedesaan dan perkotaan, degradasi lingkungan dan tantangan baru untuk tata kelola dan lembaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement