Rabu 22 Jul 2020 16:52 WIB

50 Warga Pisangan Baru Tes Usap Massal

Tes usap untuk penelusuran kontak karena terdapat satu keluarga yang positif Covid-19

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Bilal Ramadhan
Warga Pisangan Baru, Jakarta Timur melakukan tes usap, Rabu (22/7).
Foto: Meiliza Laveda
Warga Pisangan Baru, Jakarta Timur melakukan tes usap, Rabu (22/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 50 warga RT 11/08 Pisangan Baru, Matraman Jakarta Timur telah melakukan swab test atau tes usap massal pada Rabu (22/7). Tes usap yang dilakukan untuk penelusuran kontak karena terdapat satu keluarga di kontrakan tersebut yang positif Covid-19.

Lurah Pisangan Baru, Tuti Sugihastuti mengatakan sudah meminta izin kepada RT dan RW setempat untuk mengadakan tes usap massal. "Sudah meminta izin kepada RT RW di sini agar tidak membuat resah," kata Tuti pada Rabu (22/7).

Tuti menyebut jika ada warga yang positif dari hasil tes usap massal akan langsung dibawa ke wisma atlit dan tidak diizinkan untuk isolasi mandiri di dalam rumah. Tak hanya warga, sekitar 48 Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana (PPSU) Pisangan Baru juga turut dilakukan tes usap massal.

"Petugas PPSU di sini juga dites karena kerjanya kan berada dalam pemukiman warga sehingga berisiko tertular Covid-19," ujar dia.

Awalnya, salah satu warga pulang ke rumahnya setelah mendapat hasil reaktif dari tes cepat di tempat kerjanya. Setelah menindaklanjuti ke puskesmas untuk tes usap, hasilnya juga positif sehingga yang bersangkutan langsung dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran.

Dari hasil penelusuran kepada keluarga pasien positif kurang lebih tiga orang keluarganya ternyata juga positif Covid-19 dari hasil swab test dan kini telah menyusul untuk mendapatkan penanganan medis di wisma atlit.

Sementara sejak adanya satu keluarga positif Covid-19, sejumlah akses jalan menuju RT 11/08 ditutup menjadi satu akses satu pintu selama tiga hari kedepan saar hasil tes usap sudah keluar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement