Rabu 22 Jul 2020 15:11 WIB

Gitar Sun Sessions Milik Elvis Presley Dilelang

Gitar Sun Sessions merupakan instrumen paling berharga dalam karier Elvis Presley.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Legenda musik Elvis Presley. Gitar Sun Sessions milik Elvis dilelang.
Foto: AP
Legenda musik Elvis Presley. Gitar Sun Sessions milik Elvis dilelang.

REPUBLIKA.CO.ID, MEMPHIS -- Salah satu instrumen berharga dan legendaris, gitar Sun Sessions milik Elvis Presley, mulai dilelang. Gitar terpenting dalam sejarah rock n roll itu dilelang dengan tawaran awal 1,2 juta dolar AS atau senilai Rp 16 miliar.

Sun Sessions merupakan gitar akustik Martin D-18 1942 yang dimiliki Elvis Presley antara tahun 1954 hingga 1956. Gitar ini dilelang oleh rumah lelang Gotta Have Rock and Roll, dilansir laman USA Today, Rabu (22/7).

Baca Juga

Mereka memperkirakan gitar akan terjual antara 2 juta dolar AS hingga 3 juta dolar AS (antara Rp 29,2 miliar hingga hampir Rp 44 miliar). Pada pertengahan 1950-an, gitar yang sama memiliki harga jual sekitar 140 dolar AS atau Rp 2 juta saja.

"Elvis menggunakan gitar ini secara luas saat merekam di Studio Sun ikon di Memphis, Tennessee dan saat tampil di atas panggung selama periode ini," demikian menurut deskripsi gitar yang diterbitkan secara daring.

Gitar ini disebut sebagai gitar paling penting milik Elvis Presley yang pernah masuk ke pelelangan. Selain itu, Sun Sessions menjadi instrumen bersejarah yang dilelang pada Rabu (22/7) dalam "Rock & Roll dan Pop Culture and Sports".

Sun Sessions yang digunakan untuk "Lot 1" tidak hanya menjadi item utama lelang. Gitar itu menjadi salah satu dari 53 barang Presley yang sulit untuk ditawar.

Artefak lain yang tersedia dalam lelang termasuk cincin emas bertatahkan berlian yang memiliki tawaran awal 6.000 dolar AS dan buku "The Prophet" karya Khalil Gibran. Elvis telah menandai bagian-bagian buku itu dengan tulisan tangannya, garis bawah, dan anotasi.

Buku "The Prophet" ditawarkan mulai dari 4.000 dolar AS. Selain itu, ada atasan piyama Munsingwear merah ditawarkan senilai 1.000 dolar AS.

Beberapa objek selain milik Presley yang dijual termasuk sepatu kets Air Jordan yang dikenakan Michael Jordan selama musim 1985-1986. Tawaran awalnya senilai 100 ribu dolar AS. Lirik tulisan tangan Jim Morrison untuk "The WASP (Texas Radio and the Big Beat)" dibuka dengan penawaran awal 100 ribu dolar AS.

Gitar Sun Sessions dilengkapi oleh dokumen-dokumen asli lengkap. Gitar fenomenal itu dibeli oleh Presley di O.K yang merupakan Toko Piano Houck di Union Avenue.

Presley menghias gitar dengan huruf logam perekat yang mengeja namanya. Hanya saja, logam perekat itu saat ini hanya tersisa "ELVI" dan huruf S telah memudar.

 

"Keausan yang luas terlihat pada gitar karena memetik keras Elvis adalah bukti penggunaannya yang cukup oleh Elvis," demikian menurut katalog rumah lelang.

Gitar itu digunakan oleh Presley selama hari-hari awal Memphis karier penyanyi, terutama selama produksi album kompilasi Sun Sessions yang digarap antara tahun 1954 hingga 1955 di studio Sam Phillips di 706 Union Ave. Gitar Elvis tersebut saat ini dipajang di Rock & Roll Hall of Fame di Cleveland.

Gitar itu pernah ditampilkan dalam 2019 "Play It Loud: Instruments of Rock & Roll" pameran di Metropolitan Museum of Art di New York.  Gitar itu tampaknya dimiliki oleh CEO DMX Music yang berbasis di Seattle, Michael Malone. Dia adalah seorang kolektor instrumen rock dan mobil balap yang membeli gitar Elvis dilelang Christie's of London pada tahun 1993 dengan harga 151.700 dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement