Rabu 22 Jul 2020 15:00 WIB

Guru di Kendari Keliling Ajar Murid yang tak Punya Gawai

Mereka belajar berkelompok dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Sejumlah siswa belajar mengerjakan tugas sekolah melalui gawai secara berkelompo kecil.
Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas
Sejumlah siswa belajar mengerjakan tugas sekolah melalui gawai secara berkelompo kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Guru Sekolah Dasar (SD) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) berkeliling ke sejumlah rumah murid yang tak memiliki gawai atau alat komunikasi yang bisa dipakai belajar secara daring atau online. Salah seorang guru di SDN 57 Kendari, Normayanti di Kendari, Rabu (22/7) menuturkan kegiatan yang dilakukan dengan berkeliling ke sejumlah rumah murid yang kurang mampu, dilakukan secara ikhlas karena merupakan bagian dan tanggung jawab sebagai guru.

"Ini kami lakukan tidak lain untuk memberikan pelajaran di rumah-rumah murid yang memang tidak memiliki gawai, seperti anak-anak yang berkemampuan lainnya," ujaranya.

Baca Juga

Ia mengatakan, dengan menggunakan metode mengajar keliling, dirinya menyambangi rumah muridnya secara berkelompok dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. "Melalui metode door to door, dari rumah ke rumah, adalah pembelajaran yang dianggap bisa membantu anak dari kelompok yang kurang mampu, agar tidak ketinggalan dalam satu mata pelajaran dengan rekan lainnya," ujar Normayanti.

Pembelajaran pada murid yang terbagi lima hingga enam orang dalam satu kelompok itu, adalah cara yang paling efektif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. "Saya melakukan pembelajaran secara keliling itu, memang terbatas pada anak-anak yang tidak memiliki gawai dan tidak mampu membeli paket internet untuk belajar secara daring," tuturnya.

Salah seorang anak SD kelas V, Sakinah (11 tahun) mengatakan, senang dengan proses belajar yang dilakukan beberapa guru yang mendatangi rumah mereka meskipun dalam bentuk kelompok kecil. Ia mengatakan, dalam proses belajar mengajar mereka dianjurkan tetap menggunakan masker, serta menjaga jarak saat belajar.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement