Rabu 22 Jul 2020 08:30 WIB

Sampah Dipakai Bahan Bakar Pabrik Semen di Cilacap

Sampah bisa dipakai sebagai pengganti batu bara.

 Sejumlah pekerja melakukan bongkar muat semen di Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta. (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah pekerja melakukan bongkar muat semen di Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA  -- PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), memanfaatkan sampah perkotaan di Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap sebagai bahan bakar alternatif dalam pembuatan semen. Anak usaha PT Semen Indonesia ini melakukannya untuk pabrik SBI di Cilacap.

Direktur Produksi SIG, Benny Wendry di Surabaya mengatakan pemanfaatan sampah menjadi bahan bakar alternatif ini merupakan solusi untuk pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan masyarakat yang lebih baik.

Baca Juga

"Refuse-Derived Fuel (RDF) merupakan hasil dari sampah domestik yang diolah dengan metode biodrying untuk dijadikan energi terbarukan dan dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif. Pemanfaatan sampah tersebut mampu mensubstitusi penggunaan batu bara menjadi bahan bakar hingga 3 persen Substitusi Energi Panas (Thermal Substitution Rate/TSR)," kata Benny.

Ia mengatakan, saat ini sampah terus bertambah setiap hari dan menjadi masalah besar di beberapa daerah termasuk Kabupaten Cilacap. Hal itulah yang membuat perusahaannya memanfaatkan sampah yang semula tidak bernilai menjadi energi alternatif pengganti batu bara.

Benny menjelaskan pemanfaatan sampah menjadi bahan bakar alternatif ini merupakan inovasi perusahaan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"SIG ingin memberikan solusi jangka panjang dalam mengatasi persoalan sampah domestik yang dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement