Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Resep Kue Klepon dan Cara Membuatnya di Rumah

Selasa 21 Jul 2020 22:21 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Resep dan cara membuat kue klepon di rumah.

Resep dan cara membuat kue klepon di rumah.

Kue klepon yang sedang viral di medsos bisa dibuat sendiri di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kue klepon jadi trending topic di sejumlah media sosial. Salah satu kuliner khas Indonesia ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Namun, bagi Anda yang ingin membuat kue berlumur parutan kelapa itu di rumah, bisa mengikuti resep kue klepon yang sudah kami rangkum di bawah ini:

Bahan-bahan

-- Adonan:

250 gram tepung ketan

50 gram tepung beras

1/2 sendok teh garam halus

200 ml air hangat suam kuku

Pasta pandan/ pewarna hijau

1 lbr pandan

Air secukupnya untuk merebus

-- Isian:

1/2 butir gula kelapa, sisir

Bisa dicampur dengan gula pasir

Baluran:

1 butir kelapa setengah muda, setengah tua

Parut memanjang, bersihkan kulit arinya

1/2 sendok teh garam halus

1 lembar pandan

Langkah

Baluran: panaskan kukusan, taruh daun pandan di air kukusan, lalu taruh kelapa di sarangan kukusan, lalu kukus kurleb 30 menit, dinginkan baru campurkan dengan garam, ratakan, tes rasa, gurih asin nyam-nyam, sisihkan.

Pandan tidak dicampurkan dengan kelapa parut supaya tak memberi warna hijau kekuningan pada kelapa. Garam juga demikian tidak saya campurkan bersama ketika dikukus agar tak membuat kelapa kekuningan.

Panaskan air secukupnya lalu masukkan pandan rebus ke air mendidih, lalu kecilkan api, keadaan air utk merebus klepon adalah beruap saja, tidak mendidih bergolak, supaya adonan tak menjadi lembek

Adonan: campur tep ketan, tep beras dan garam lalu tuangkan air hangat yang sudah dicampur dengan pasta pandan atau pewarna hijau (supaya warna merata) lalu uleni sampai kalis, masukkan airnya sedikit, hentikan jika dirasa sudah cukup kalis supaya tidak terlalu lembek karena tingkat kelembaban tepung berbeda-beda. Nantinya akan mengering, tambahkan 1-3 sendok teh air untuk melembabkan adonan lagi.

Ambil 1 sendok teh adonan lalu isi dengan isian secukupnya, bulatkan lalu langsung masukkan ke rebusan air, tunggu sampai mengapung. Jika sudah mengapung berarti sudah matang, terkadang klepon sudah matang cuma lengket di dasar panci, jadi bisa dicolek memakai sendok pelan-pelan.

Lakukan sampai adonan habis.

Bila sudah matang dan mengapung, angkat lalu tiriskan sebentar. Setelah itu gulingkan ke baluran kelapa kukus yang sudah didinginkan tadi.

Selamat mencoba.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA