Selasa 21 Jul 2020 20:05 WIB

Aktivitas Penerbangan di Bandara AP II Mulai Meningkat

Rata-rata penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta berkisar 400-430 penerbangan per hari

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi penerbangan
Ilustrasi penerbangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) mencatat peningkatan aktivitas penerbangan yang signifikan. Direktur Operasi dan Pelayanan AP II Muhamad Wasid mengatakan lalu lintas penerbangan berangsur pulih di bandara-bandara AP II termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Pada bulan ini, rata-rata jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta berkisar 400 sampai 430 penerbangan per hari atau meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya sekitar 200 penerbangan perhari," kata Wasid dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (21/7).

Baca Juga

Dia menjelaskan, jumlah trafik penerbangan tersebut memang masih jauh dari angka di periode normal sebelum pandemi Covid-19. Hanya saja, dia menuturkan dalam beberapa waktu terakhir tren lalu lintas penerbangan semakin menguat.

"Adapun utilisasi slot time juga semakin meningkat di mana pada 1-20 Juli 2020 sudah mencapai sekitar 34 persen dari sebelumnya hanya sekitar 10 persen," tutur Wasid.

Wasid mengatakan, meningkatnya lalu lintas penerbangan dan utilisasi jadwal penerbangan yang sudah dialokasikan juga diikuti peningkatan utilisasi kapasitas penumpang. Khususnya peningkatan penumpang di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

“Di tengah Covid-19 ini Soekarno-Hatta beroperasi dengan Terminal 2 dan Terminal 3. Pada bulan ini, lalu lintas penerbangan mulai berangsur pulih dan Terminal 2 melayani hingga 70 persen total penumpang di Soekarno-Hatta, sementara 30 persen dilayani melalui Terminal 3," jelas Wasid.

Melihat kondisi tersebut, dia memastikan AP II akan melakukan penyeimbangan di Terminal 2 dan Terminal 3. Dengan begitu, kedua terminal tersebut dapat melayani 50 persen dari total penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

Wasid menambahkan, penyeimbangan utilisasi kapasitas terminal tersebut dilakukan dengan memindahkan penerbangan Citilink Indonesia dari Terminal 2D ke Terminal 3. Begitu juga dengan sebagian penerbangan di Terminal 2E ke 2D mulai 23 Juli 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement