Selasa 21 Jul 2020 14:03 WIB

Walkot Jaktim Panen Sayur Mayur di Lahan Kolong Tol Becakayu

Tanaman yang ditanam ada kol, labu, cabai merah, cabai hijau, pepaya, dan singkong.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar (baju putih) dan istri melakukan panen di lahan bawah Tol Becakayu, Jakarta Timur, Selasa (21/7).
Foto: Meiliza Laveda
Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar (baju putih) dan istri melakukan panen di lahan bawah Tol Becakayu, Jakarta Timur, Selasa (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M.Anwar melakukan kegiatan panen pertanian urban, yang terletak di bawah Tol Becakayu RW 01 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur pada Selasa (21/7).

Tanaman yang dipanen pada hari ini adalah labu, sawi, dan singkong. Itu pun merupakan hasil karya warga yang memanfaatkan lahan kosong di wilayah tersebut. Selama kegiatan, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur ditemani dengan istrinya yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar.

Selain itu ada pula Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Uus Kuswanto; Camat Makasar, Kamal Alatas, serta Lurah Cipinang Melayu, Agus Sulaeman. Anwar mengatakan rasa syukurnya dapat melaksanakan kegiatan panen raya.

"Alhamdulilah pada hari ini saya bersama pejabat tingkat kota melaksanakan kegiatan rutin setiap selasa dan jumat olahraga gowes dan transit dulu di RW 01 Kelurahan Cipinang Melayu untuk melaksanakan panen raya," kata Anwar pada Selasa (21/7).

Ia juga mengatakan, rasa bangganya karena di tengah kota masyarakat melakukan aktivitas bertani di bawah Tol Becakayu. Selain hasilnya dapat dimanfaatkan, lahan tersebut juga dapat sebagai lahan penghijauan.

Anwar menjelaskan ia memanen sayur kol, labu, dan singkong. Serta budi daya ikan lele dan ikan mujaer. Anwar juga mengapresiasi kegiatan inovasi yang dilakukan oleh warga setempat. Karena dapat mengubah lahan gubuk liar atau sampah yang dapat mengurangi estetika diubah menjadi lahan penghijauan.

Sementara Ketua RW 01 Kelurahan Cipinang Melayu, Suhardiono mengucapkan rasa terimakasih yang sudah menyempatkan hadir di sini. Ia juga menjelaskan lahan kosong yang ditanam warga untuk urban farming dan budidaya ikan sepanjang kurang lebih 500 meter.

"Tanaman yang ada di sini di antaranya kol, labu, cabai merah, cabai hijau, pepaya, singkong, jagung, dan terong," kata Suhardiono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement