Selasa 21 Jul 2020 12:55 WIB

Pangdam Hasanuddin Kunjungi Lokasi TMMD di Konkep

Satgas TMMD mengadakan sosialisasi kampanye kreatif penerimaan prajurit TNI AD.

Rep: Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra
Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen Andi Sumangerukka di lokasi TMMD ke-109 Konkep, Sulawesi Tenggara, Senin (20/7).
Foto: Korem HO
Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen Andi Sumangerukka di lokasi TMMD ke-109 Konkep, Sulawesi Tenggara, Senin (20/7).

REPUBLIKA.CO.ID, KONKEP -- Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen Andi Sumangerukka pada Senin (20/7), didampingi Komandan Korem 143/Halu Oleo (HO), Brigjen Jannie Aldrin Siahaan melaksanakan kunjungan kerja ke lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara, yang berada di wilayah Kodim 1417/Kendari. Selain melakukan kunjungan ke lokasi sasaran fisik TMMD, Andi juga menggelar tatap muka dengan warga Kecamatan Wawonii Barat, Konkep didampingi Bupati Konkep H Amrulla.

Rangkaian kegiatan Andi di Konkep, yaitu meninjau lokasi saluran air di Desa Pasir Putih, meninjau lokasi peningkatan kualitas perumahan desa dan tata halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Matabaho di Desa Matabaho, serta membagikan sembako kepada masyarakat dari dua desa tersebut.

Dalam pesannya, Andi mengingatkan masyarakat Konkep untuk tetap menjaga diri dan disiplin menegakkan protokol Covid-19, walaupun berada di zona hijau. “Saya menghimbau kepada masyarakat Konkep untuk selalu waspada, pertahankan status zona hijau tetap disiplin tegakkan protokol kesehatan tentang Covid 19 karena sampai saat ini belum diketemukan obatnya,” ucap Andi di Konkep, Senin.

Andi berharap, dengan pelaksanaan TMMD ke-108 dapat memberikan kontribusi positif kepada pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat dalam mempercepat pembangunan. Selain itu, TMMD juga dapat menjalin sinergitas yang telah terbentuk antara TNI–Polri bersama pemda beserta masyarakatnya. "Agar selalu terjaga demi menciptakan suasana aman, nyaman dan kondusif di wilayah ini,” ucap Andi.

Bupati Amrulla menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam Hasanuddin yang datang meninjau langsung lokasi TMMD di Desa Pasir Putih dan Matabaho, Kecamatan Wawonii Barat. Menurut dia, masyarakat sangat terbantu dengan pelaksanaan TMMD di wilayahnya. Dia menuturkan, banyak hal yang dapat dipetik dalam kegiatan ini, bukan semata membangun secara fisik dan nonfisik saja, melainkan juga kebaradaan TMMD mampu menghadirkan warna tersendiri bagi masyarakat yang terlibat.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Pangdam beserta rombongan yang telah berkenan mengunjungi Pulau Wawonii serta melihat langsung kondisi masyarakat di Kabupaten Konkep ini,” kata Amrullah.

Kampanye kreatif

Anggota Satgas TMMD ke-108 Kodim 1417/Kendari mengadakan sosialisasi tentang kampanye kreatif penerimaan prajurit TNI AD tahun anggaran 2020 kepada siswa SMAN 1 Langara dan masyarakat sekitar pada Senin.

Pelaksana Harian (Plh) Pasipers Kodim 1417/Kendari, Kapten Inf Rasyid Tanri selaku pemateri, menjelaskan, dalam pelaksanaan penerimaan tahun ini, tidak dibenarkan kepada calon prajurit untuk membayar sejumlah uang kepada oknum tertentu dengan imbalan lulus. Apabila ada oknum yang menawarkan bantuan dan jaminan lulus dengan imbalan tertentu, sambung dia, dipastikan bahwa itu tidak benar. Dia menekankan, dalam proses tahapan pendaftaran serta proses seleksi pengujian dan pemeriksaan sampai calon tersebut dinyatakan lulus dan siap masuk pendidikan dari semuanya gratis.

Yang pasti, menurut Rasyid, setiap calon dari awal memang harus sudah mempersiapkan diri baik mental maupun fisik. Pasalnya menjadi tentara menuntut setiap calon prajurit harus benar-benar melatih dan menjaga fisik, kesehatan, serta mental. "Seleksi ini dilakukan secara terbuka, fair sehingga Angkatan Darat akan mendapatkan calon prajurit yang betul-betul sehat jasmani dan rohani sesuai kriteria dan standar yang ditetapkan di TNI AD," kata Rasyid.

Dansatgas TMMD Kodim 1417/Kendari, Letkol Kav Agus Waluyo melalui Kapten Rasyid, melanjutkan, kegiatan yang diadakan kali ini untuk menumbuhkan kebersamaan antara satgas dan anak-anak muda yang ada di sekitar Posko TMMD. Dia menambahkan, sosialisasi itu untuk pemuda agar suka dengan tampilan tentara dan diharapkan kelak mereka nantinya terinspirasi untuk mengikuti seleksi penerimaan menjadi prajurit TNI AD.

"Ini sebagai media hiburan kebersamaan TNI dengan warga. Dengan Pertemuan singkat ini ada kesempatan menjadi prajurit TNI AD meningkat," kata Rasyid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement