Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Tiga Trik Meracik Latte tanpa Mesin Khusus

Selasa 21 Jul 2020 02:37 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Banyak orang beranggapan membuat latte harus menggunakn mesin khusus (Foto: ilustrasi membuat kopi)

Banyak orang beranggapan membuat latte harus menggunakn mesin khusus (Foto: ilustrasi membuat kopi)

Foto: EPA/WU HONG
Banyak orang beranggapan membuat latte harus menggunakn mesin khusus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang yang beranggapan bahwa membuat kopi latte harus menggunakan mesin espresso. Para pecinta latte, lebih sering memilih menikmati secangkir latte di kedai kopi.

Padahal, membuat latte di rumah cukup mudah. Anda juga tidak perlu menggunakan mesin khusus untuk membuat secangkir latte. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari laman Customer Reports, Senin (20/7).

Baca Juga

Biji kopi
Percaya atau tidak, Anda tidak perlu membeli biji kopi espresso. Kopi panggang medium hingga gelap yang digiling halus sangat bagus untuk latte. Giling biji kopi segar untuk secangkir kopi agar citarasa dan aroma lebih maksimal.

Gunakan penggiling kopo berkualitas tinggi dan jangan andalkan penggiling rempah. Karena itu akan memengaruhi citarasa kopi latte Anda.

Gunakan alternatif pembuat espresso
Saperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Anda tidak perlu menggunakan mesin espresso mahal. Anda bisa menggunakan AeroPress untuk menyeduh espresso.

AeroPress menggunakan tekanan untuk memaksa air masuk melewati bubuk kopi, mirip dengan mesin espresso asli. Alat itu menghasilkan brew yang rasanya sangat mirip dengan yang asli.

Dengan AeroPress, Anda cukup meletakkannya di atas cangkir, lalu tambahkan bubuk kopi halus dan air panas. Kemudian aduk sekitar 10 detik dan gunakan plunger untuk mendorong kopi melewati filter dan masuk ke dalam cangkir Anda.

Gunakan blender untuk buih susu
Jika Anda tidak milk frother untuk membuat buih susu untuk latte, jangan khawatir. Blender atau hand mixer bisa kamu gunakan sebagai alternatif.

Dengan lender, cukup tuangkan susu hangat ke dalamnya dan blender sampai mencapai tingkat buih yang diinginkan. Metode hand mixer juga tak jauh berbeda, cukup tuang susu hangat ke dalam mixer dan sesuaikan dengan tingkat buih yang diinginkan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA