Senin 20 Jul 2020 21:22 WIB

Pusat Bahasa Mandarin UNS Gelar Cloud Summer Camp Daring

Cloud Summer Camp wadah memperkenalkan budaya Cina bagi prodi D3 bahasa Mandarin UNS

Rep: binti sholikah/ Red: Hiru Muhammad
Dokumentasi kegiatan Cloud Summer Camp yang digelar Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bersama Xihua University, China, pada 2019
Foto: humas UNS
Dokumentasi kegiatan Cloud Summer Camp yang digelar Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bersama Xihua University, China, pada 2019

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Pusat Bahasa Mandarin (PBM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bersama Xihua University, China, enggelar Cloud Summer Camp bertajuk "Study with Xihua University" secara daring mulai 20-28 Juli 2020, melalui Zoom Cloud Meeting.

Cloud Summer Camp digelar sebagai wadah dan kesempatan bagi peserta dan mahasiswa Prodi D-III Bahasa Mandarin Sekolah Vokasi (SV) UNS dalam mengenal, mempelajari, dan memperdalam bahasa Mandarin dan kebudayaan China.

Acara dibuka langsung oleh Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNS, Sajidan, mrwakili Rektor UNS, Jamal Wiwoho. Sajidan menyambut baik penyelenggaraan Cloud Summer Camp oleh PBM UNS pada tahun ini.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mencapai visi misi PBM UNS dalam pendidikan bahasa Mandarin dan budaya Tiongkok dalam meningkatkan kerja sama dengan universitas luar negeri," kata Sajidan seperti tertulis dalam siaran pers, Senin (20/7).

Di hadapan perwakilan Xihua University dan peserta Cloud Summer Camp, Sajidan menyebut kegiatan ini dapat mendukung upaya internasionalisasi UNS menuju World Class University (WCU).

Dengan sejumlah materi yang mendukung pembelajaran bahasa Mandarin dan pengenalan kebudayaan China, Sajidan berharap hubungan antara UNS dengan Xihua University dapat terus terjalin dengan baik dan acara Cloud Summer Camp dapat digelar kembali tahun depan dengan skala yang lebih besar.

Acara tersebut juga dihadiri Dewan Komisaris delegasi Xihua University, LUO Bo. Dalam sambutannya, LUO Bo mengatakan pandemi Covid-19 yang melanda China dan Indonesia mengharuskan Summer Camp tahun ini digelar secara daring.

Meski demikian, LUO Bo mengapresiasi langkah PBM UNS melalui Institut Konfisius UNS yang telah bekerja sama dengan Xihua University untuk menyiapkan penyelenggaraan Cloud Summer Camp dengan baik.

"Summer Camp ini adalah yang kedua setelah tahun lalu diadakan. Karena pandemi, dosen dan mahasiswa tidak dapat datang ke Tiongkok tapi kami tetap berharap acara ini dapat mengikis jarak satu sama lain serta membangun rasa saling mengerti," ungkap LUO Bo.

LUO Bo menjelaskan pada tahun ini, Xihua University telah menerima 10 alumni Prodi D-III Bahasa Mandarin SV UNS. jumlah tersebut masih akan bertambah dua mahasiswa pada September mendatang.

Keberadaan alumni Prodi D-III Bahasa Mandarin SV UNS di Xihua University merupakan implementasi kerja sama antara UNS dan Universitas Xihua dalam bidang pertukaran mahasiswa dan budaya.

Melalui kesempatan ini, peserta Summer Camp akan diajak mengenal kesenian, kebudayaan, pengenalan sejarah, geografi, serta wisata virtual di kota Chengdu dan Kunming yang disampaikan langsung oleh dosen-dosen dan native speaker dari Xihua University.

Seperti kegiatan Summer Camp pada umumnya, peserta akan dipandu dosen pembimbing dari Prodi D-III Bahasa Mandarin SV UNS agar mempermudah interaksi.

Sebanyak 43 peserta bergabung dalam kegiatan Summer Camp PBM UNS. Mereka berasal dari Universitas Sumatra Utara (USU), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Kristen Maranatha, Universitas Binus, Universitas Negeri Semarang (Unnes), I3L, UKSW, Bandung Theological University, Shandong University, dan Huaqiao University.

Selain itu, jalannya acara juga diikuti peserta dari Sekolah Bina Widya Surakarta dan alumni UNS yang memperoleh program beasiswa di Xihua University.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement