Senin 20 Jul 2020 17:22 WIB

Zoom Buat Rekor Baru Selama Kuartal 2

Zoom menghasilkan rekor App Store baru yakni 94 juta pemasangan di iOS.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Aplikasi video konferensi Zoom.
Foto: EPA
Aplikasi video konferensi Zoom.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Selama tiga bulan dari April hingga Juni, aplikasi konferensi video Zoom menghasilkan rekor App Store baru yakni 94 juta pemasangan di iOS.  Menurut Sensor Tower, selama kuartal pertama sebelum pandemi menjadi masalah besar di negara-negara bagian, aplikasi video pendek TikTok memiliki rekor sebelumnya dengan 67 juta instalasi App Store.

Sebelum tahun ini, seperti yang dilansir dari Phone Arena, Senin (20/7),  tidak ada aplikasi iOS non-game yang memiliki lebih dari 50 juta unduhan dalam satu kuartal.

Ketika Anda memasukkan jumlah unduhan yang bersumber dari Google Play Store selama kuartal kedua, Zoom dipasang lebih dari 300 juta kali selama tiga bulan dari April hingga Juni. Juga melampaui 300 juta pemasangan selama kuartal ini adalah TikTok, yang terakhir diunduh 71 juta kali dari Apple App Store selama kuartal kedua  (kenaikan 154 persen dari tahun ke tahun).

Selama kuartal kedua, total unduhan App Store Amerika Serikat (2,2 miliar) mengalahkan unduhan di App Store China (2,1 miliar) untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun. Secara tahunan, jumlah unduhan aplikasi iOS di AS naik 27 persen dibandingkan selama kuartal kedua dibandingkan dengan hanya dua persen di China.

Secara global, unduhan App Store naik 22,6 persen pada kuartal kedua menjadi 9,1 miliar. Unduhan kuartal kedua di Google Play Store di seluruh dunia mencapai 38,7 miliar, naik 34,9 persen.

Dengan banyak orang Amerika berkomunikasi melalui Zoom saat pandemi, aplikasi akan  terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat selama kuartal saat ini. TikTok juga akan terus menunjukkan pertumbuhan di AS, ketika orang Amerika membuat video TikTok untuk mengalihkan dari semua tekanan yang disebabkan oleh Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement