Senin 20 Jul 2020 16:23 WIB

Inggris Amankan 90 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19 berasal dari Pfizer dan BioNTech, serta Valneva.

Inggris menandatangani kesepakatan untuk mengamankan 90 juta dosis untuk dua vaksin Covid-19 (Foto: ilustrasi vaksin Covid-19)
Foto: Ted S. Warren/AP
Inggris menandatangani kesepakatan untuk mengamankan 90 juta dosis untuk dua vaksin Covid-19 (Foto: ilustrasi vaksin Covid-19)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris menandatangani kesepakatan untuk mengamankan 90 juta dosis untuk dua vaksin Covid-19. Berdasarkan laporan, kedua vaksin tersebut berasal dari Pfizer Inc dan aliansi BioNTech dan kelompok Prancis Valneva.

Mengutip pernyataan pemerintah setempat, Senin (20/7), Inggris telah mendapatkan 30 juta dosis vaksin eksperimental dari BioNTech / Pfizer, dan kesepakatan prinsip untuk 60 juta dosis vaksin dari Valneva. Berdasarkan kesepakatan, opsi 40 juta dosis lagi jika terbukti aman, efektif dan sesuai. Ketentuan keuangan dari kesepakatan tidak dikonfirmasi.

Baca Juga

"Kemitraan baru ini dengan beberapa perusahaan farmasi dan vaksin terkemuka di dunia akan memastikan Inggris memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan vaksin yang melindungi mereka yang paling berisiko," kata Menteri Bisnis, Alok Sharma.

Kesepakatan itu mengikuti kesepakatan yang sebelumnya, yaitu dengan AstraZeneca untuk memproduksi 100 juta dosis vaksin potensial. Vaksin dikembangkan dalam kemitraan dengan Universitas Oxford.

Meski demikian, hingga saat ini tidak ada vaksin yang dapat bekerja melawan Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru. Para ahli mengatakan, vaksin akan diperlukan untuk mengendalikan pandemi yang telah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia dan menewaskan lebih dari 600.000.

Inggris juga mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan pengobatan yang mengandung antibodi penawar Covid-19 dari AstraZeneca untuk melindungi orang-orang yang tidak dapat divaksinasi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement