Senin 20 Jul 2020 14:36 WIB

Stadion Joko Samudro Jadi Pondok Rehabilitasi Covid-19

Stadion Joko Samudro Gresik dijadikan pondok rehabilitasi dan observasi pasien Covid.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kiri)
Foto: Antara/Moch Asim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Stadion Joko Samudro Gresik bakal dijadikan pondok rehabilitasi dan observasi pasien Covid-19 Jatim. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, stadion ini akan menjadi tempat perawatan serta isolasi bagi mereka yang terkonfirmasi Covid-19. Nantinya dikhususkan bagi pasien dengan gejala klinis ringan dan yang sudah sembuh, namun butuh isolasi dan observasi.

Khofifah pun mengapresiasi Pemda  Gresik yang telah melakukan inisiasi dengan mempersiapkan ruang isolasi. Ruang isolasi dibagi menjadi zona hijau, kuning, dan merah. Zonasi tersebut, dibedakan berdasarkan kualifikasi. Zona hijau dipergunakan untuk tenaga kesehatan dan administrasi.

Kemudian, zona kuning dipergunakan untuk pasien yang tidak memiliki gejala tapi positif Covid-19. Sedangkan zona merah dipergunakan bagi pasien yang memiliki gejala sedang dan atau  sudah selesai menjalankan perawatan tapi masih membutuhkan rehabilitasi.

“Inisiasi seperti ini kami sangat apresiasi karena bisa mempercepat layanan pasien ringan sampai sedang serta mengurangi beban dan penumpukan di RS rujukan yang menangani Covid-19,” kata Khofifah di Surabaya, Senin (20/7).

Khofifah menambahkan, pasien yang menjalani perawatan di Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien Covid 19 di Stadion Joko Samudro, akan terus dimonitoring. Apabila saat monitoring pasien berubah status menjadi agak berat, maka akan dirujuk ke rumah sakit rujukan. Hal semacam ini sudah diterapkan di RS Darurat lapangan Indrapura di Surabaya.

"Pasien dimonitoring perkembangan kondisinya secara detail dan intensif," ujarnya.

Khofifah menyinggung progress perawatan pasien Covid-19 di RS Darurat Surabaya, di Jalan Indrapura, Kota Surabaya. Pasien yang menjalani perawatan di RS darurat tersebut, tingkat kesembuhannya mencapai 100 persen. Model observasi dan rehabilitasi semacam ini menurutnya harus bisa dicontoh tempat lain.

"Tujuannya tidak lain membantu kesembuhan para pasien Covid 19. Selain itu, relaksasi semacam ini berguna juga untuk mengurangi penumpukan pasien di RS rujukan Covid 19," kata Khofifah.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyampaikan, kapasitas stadion ini mampu menampung hingga 140 tempat tidur. Apabila diperlukan, akan dianggarkan kembali tambahan tempat tidur. “Sesuai perhitungan, stadion ini menampung hingga 500 lebih tempat tidur," kata Sambari.

Sambari melanjutkan, nantinya ada enam dokter dan dan 16 perawat yang bertugas di fasilitas observasi dan rehabilitasi Stadion Joko Samudro Gresik. "Ada juga petugas keamanan dari unsur tiga pilar yang juga akan disiagakan untuk mengamankan lokasi ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement