Senin 20 Jul 2020 14:17 WIB

Kesuksesan Ganda Sergio Ramos di La Liga Musim Ini

Catatan penampilan dan gol Ramos sepertinya belum akan berhenti.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Kapten Real Madrid, Sergio Ramos.
Foto: EPA-EFE / Rodrigo Jimenez
Kapten Real Madrid, Sergio Ramos.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Tak hanya sukses mengantarkan Real Madrid ke singgasana juara La Liga Spanyol musim ini, Sergio Ramos juga memecahkan rekor baru. Ia mencetak rekor dalam urusan catatan gol oleh pemain bertahan dalam satu musim La Liga.

Kapten Los Blancos itu menjadi pemain bertahan dengan catatan gol terbanyak dalam satu musim La Liga. Setidaknya, sejak kompetisi teratas sepak bola Spanyol itu memasuki abad ke-21.

Bek tengah berusia 34 tahun itu mencetak gol pembuka kala Madrid menahan imbang 2-2 Leganes pada jornada pamungkas La Liga musim ini, Senin (20/7) dini hari WIB. Gol pada menit kesembilan itu menjadi gol ke-11 Ramos di pentas La Liga musim ini. Eks bek tengah Sevilla itu total mengoleksi 11 gol dan satu assist dari 36 penampilan di arena La Liga musim ini.

''Dengan koleksi 11 gol, Ramos menjadi pemain bertahan dengan catatan gol terbanyak di satu musim kompetisi La Liga sejak pergantian abad ke-21. Sebelumnya, rekor tersebut digenggam oleh Mariano Pernia, yang mencetak 10 gol buat Getafe, 15 tahun silam,'' tulis laporan Marca, Senin (20/7).

Dari 11 gol yang dicetak di pentas La Liga musim ini, Ramos mencetak enam gol usai La Liga musim ini kembali bergulir pasca-penundaan sementara akibat pandemi Covid-19, pertengahan bulan lalu. Koleksi enam gol Ramos itu sama seperti yang ditorehkan bintang Barcelona, Lionel Messi, dalam periode yang sama.

Tidak hanya itu, koleksi 11 gol menjadi catatan gol terbanyak Ramos di pentas La Liga sejak resmi berseragam Los Blancos pada 2005 silam. Sebelummya, torehan tujuh gol pada musim 2016/2017 menjadi koleksi gol terbanyak Ramos di pentas La Liga.

Musim ini terbukti menjadi musim terbaik Ramos dalam urusan kontribusi gol buat Los Blancos di pentas La Liga. Dengan torehan 11 gol, alumnus tim junior Sevilla itu menyumbangkan kontribusi sebesar 11 persen dari total gol Madrid, yang mencapai 86 gol pada sepanjang musim ini.

Secara keseluruhan, bek tengah timnas Spanyol itu telah mencetak 13 gol dan satu assist dari 44 penampilan di semua ajang pada musim ini. Selama 15 musim memperkuat Los Blancos, Ramos total telah mengemas 97 gol dari 650 penampilan di semua ajang dan mempersembahkan 22 titel juara buat Madrid, termasuk empat titel Liga Champions dan lima trofi Liga Liga.

Namun, catatan penampilan dan gol ini sepertinya belum akan berhenti. Pasalnya, Ramos berharap bisa gantung sepatu di klub asal Ibu Kota Madrid tersebut.

''Saya ingin bertahan sejauh presiden klub tetap menginginkan keberadaan saya di tim ini. Saya senang berada di klub ini dan semua orang tahu itu. Saya selalu ingin pensiun dan mengakhiri karier sepak bola saya di klub ini,'' kata Ramos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement