Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

UGM-BNI Syariah Kerja Sama Sediakan Fasilitas Cicilan UKT

Senin 20 Jul 2020 11:27 WIB

Red: Fernan Rahadi

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada

Foto: en.wikipedia.org
Fasilitas ini bisa dimanfaatkan mahasiswa UGM angkatan 2019/2020 dan sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- UGM dan BNI Syariah menjalin kerja sama pemanfaatan produk IB Hasanah Card dari BNI Syariah untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa UGM secara kredit tanpa bunga dan biaya.

Fasilitas pembayaran ini diinisiasi sebagai salah satu upaya untuk memberikan kemudahan pembayaran UKT mahasiswa UGM di tengah pandemi Covid-19 yang juga membawa dampak pada perekonomian keluarga mahasiswa, di samping sejumlah kebijakan lainnya.

“Layanan ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi mahasiswa UGM untuk membayar UKT dengan fasilitas cicilan, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, sehingga dapat mengurangi tekanan ekonomi dari para orang tua mahasiswa,” kata Direktur Keuangan UGM, Syaiful Ali, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, fasilitas cicilan UKT bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa UGM angkatan 2019/2020 dan sebelumnya yang menjadi pemegang kartu atau calon pemegang kartu IB Hasanah Card BNI Syariah.

Mahasiswa atau orang tua mahasiswa dapat mengajukan program cicilan pembayaran UKT UTM melalui kantor BNI Syariah atau melalui tautan yang tersedia di portal mahasiswa Simaster, dengan mengisi persyaratan yang tertera.

Pihak BNI Syariah akan melakukan verifikasi dan konfirmasi ke mahasiswa atau orang tua mahasiswa atas pengajuan tersebut, dan kemudian membayarkan UKT sesuai kewajiban UKT mahasiswa ke UGM, bagi mahasiswa yang permohonannya disetujui oleh bank tersebut.

“Mahasiswa atau orang tua mahasiswa melakukan angsuran kepada BNI Syariah secara periodik setiap bulannya,” imbuh Syaiful.

Jangka waktu untuk pembayaran cicilan yang ditetapkan adalah selama tiga bulan dengan bunga cicilan sebesar 0 persen.  Ia menambahkan, sistem pembayaran UKT secara kredit baru kali ini diterapkan di UGM, karena sebelumnya mahasiswa langsung membayar UKT secara penuh.

Untuk saat ini, fasilitas cicilan UKT UGM hanya tersedia melalui produk dari BNI Syariah. Meski demikian, UGM melalui Direktorat Keuangan telah menjajaki kemungkinan kerja sama dengan berbagai bank mitra untuk menyediakan fasilitas serupa. Syaiful mengharapkan dalam waktu mendatang fasillitas serupa dapat tersedia melalui bank mitra UGM lainnya.

“Beberapa bank mitra lainnya juga sedang mendesain produk yang paling feasible untuk mendukung program ini. Semoga dalam waktu dekat ada bank mitra lainnya yang juga mengikuti program ini,” jelasnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA