Senin 20 Jul 2020 06:07 WIB

SMA Bosowa Bina Insani Gelar Acara Pramuka Blok Daring

Kegiatan kepramukaan melatih siswa efektif dan kreatif mengatasi tantangan  hidup.

SMA Bosowa Bina Insani menggelar acara Pramuka Blok secara daring.
Foto: Dok SBBI
SMA Bosowa Bina Insani menggelar acara Pramuka Blok secara daring.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --  Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 63 tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakulikuler Wajib disebutkan,  sekolah wajib memilih dan melaksanakan kegiatan kepramukaan dalam tiga  bentuk model yakni, model blok, model aktualisasi dan model reguler.

SMA Bosowa Bina Insani, Bogor menggelar acara Pramuka Sistem Blok secara online, tanggal 16-18 juli 2020. "Ini karena sekolah SMA Bina Insani mengikuti arahan & petunjuk Pemerintah Kota Bogor, untuk melaksanakan kegiatan belajar siswa dari rumah,” kata ketua acara Pramuka Blok SMA Bosowa Bina Insani, Rizki Idham Sigit dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Materi disampaikan secara online oleh kakak-kakak Pelatih Pramuka, yakni Kak Asma, Kak Rasum, Kak OKI, Kak Nuh dan Kak Azizul. Materi tersebut  di antaranya, Sejarah Kepramukaan, Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Masak Rimba (Ngaliwet), Kepenegakan Pramuka dan AD/ART Kepramukaan. 

“Kegiatan yang di naungi oleh wakasek Kesiswaan ini memiliki  output Pramuka Blok ini adalah siswa mampu mengolah dan membuat tanaman obat keluarga menjadi minuman dan memasak nasi liwet dengan menggunakan alat masak di rumah.  Semuanya dikemas dalam bentuk video yang dikumpulkan melalui link yang telah disediakan panitia,” kata Rizki.

photo
Kepala SMA Bosowa Bina Insani, Dedi Supriyadi memantau kegiatan Pramuka Blok. (Foto: Dok SBBI)

Hasilnya, Rizki menambahkan, luar biasa.  “Seluruh siswa menyelesaikan tugas dengan sangat baik, dari menyiapkan alat dan bahan, langkah kerja, serta uji rasa terkemas dengan baik dalam laporan berbentuk video. Untuk menambah keseruan dalam video ketika uji rasa siswa melibatkan anggota keluarga. Berbagai macam ekspresi siswa dan anggota keluarga sangat menginspirasi,” paparnya.

Dalam kesempatan pembukaan Pramuka Blok ini, Ketua Mabigus Dedi Supriyadi SAg, MPd yang sekaligus sebagai kepala SMA Bosowa Bina Insani, menekankan pentingnya kegiatan kepramukaan. “Melalui kegiatan kepramukaan kita bisa belajar banyak cara efektif dan kreatif untuk mengatasi tantangan-tantangan yang menghadang di depan kita,” ujarnya.

Di penghujung acara, Dedi menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat pada acara tersebut sekaligus menekankan pentingnya kemandirian. "Semoga acara ini bisa memberikan inspirasi dan wawasan sekaligus pengalaman kepada peserta agar menjadi pribadi yang mandiri dan kreatif. Di samping banyak hal lain berupa karakter-karakter positif yang bisa ditularkan dalam kegiatan kepramukaan ini,"  pungkas Dedi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement