Senin 20 Jul 2020 07:50 WIB

Mengenal Desainer Legendaris Mobil Datsun

Desainer mobil Datsun meninggal dunia dalam usia 86 tahun.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Yoshihiko Matsuo, desainer mobil Datsun.
Foto: roadandtrack
Yoshihiko Matsuo, desainer mobil Datsun.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Di balik kesuksesan sebuah brand, terdapat peran signifikan dari seorang desainer. Desainer memiliki kontribusi dalam mewujudkan konsep kendaraan yang mampu menjadi kendaraan yang memadukan antara aspek aerodinamika, fungsi dan estetika.

Dilansir dari Car and Driver pada Sabtu (18/7), bagi Datsun, salah satu desainer yang paling berjasa adalah desainer bernama Yoshihiko Matsuo. Mengingat, desainer tersebut merupakan tokoh dibalik kesuksesan produk Datsun 240 Z.

Baca Juga

Namun, saat ini Datsun tengah berduka karena Yoshihiko Matsuo telah meninggal dunia pada 11 Juli lalu. Pria tersebut meninggal dalam usia 86 tahun dan meninggalkan warisan berupa desain mobil yang paling ikonik bagi jenama yang jadi bagian dari Nissan tersebut.

Nissan Senior Vice President of Global Design, Alfonso Albaisa mengatakan, Nissan sangat merasa kehilangan atas kepergian Yoshihiko Matsu. "Dia adalah sosok desainer dan influencer bagi kami. Ia sangat berjasa lewat Datsun 240 Z dan desaian untuk beberapa produk Nissan," kata Alfonso.

Menurutnya, desainer tersebut kerap terlibat dalam sejumlah line up Z series. Yoshihiko Matsuo pun dinilai selalu berhasil merepresentasikan DNA Nissan lewat setiap desain yang dihadirkan.

"Desainya selalu inovatif dan dibuat dengan penuh hasrat. Hal itu pun otomatis membuat produk kami menjadi produk yang mampu memberikan perlawanan di pasar sports car," ujarnya.

Ia pun menekankan, Nissan memiliki ikatan kekeluargaan yang baik bagi setiap pegawainya. Oleh karena itu, meski Yoshihiko Matsuo telah pensiun, ia tetap dekat dengan keluarga besar Nissan dan selalu memberikan bimbingan kepada para pegawai Nissan.

Dalam proses produksi Datsun 240 Z, Yoshihiko Matsuo ditantang untuk menghadirkan mobil sport dengan harga miring. Tentu itu bukan hal yang mudah karena setiap elemen desain harus hadir dengan mempertimbangkan aspek produksi.

Untuk mewujudkan hal itu, ia pun menghadirkan desain yang berorientasi pada kinerja optimal namun dalam proses produksi yang murah. Terbukti, Datsun 240 Z pun mampu diterima dengan baik oleh pasar karena sejumlah keunggulan baik dari sisi desain, performa dan harga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement