Saturday, 25 Zulhijjah 1441 / 15 August 2020

Saturday, 25 Zulhijjah 1441 / 15 August 2020

Gus Miftah Beberkan Detik-Detik Deddy Corbuzier Bersyahadat

Ahad 19 Jul 2020 07:15 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Pertemuan Deddy Corbuzier dan Gus Miftah di Pondok Pesantren Ora  Aji, Sleman, DIY, Jumat (21/6). Pertemuan itu terjadi sesaat sebelum Deddy  dibimbing mengucap syahadat.

Pertemuan Deddy Corbuzier dan Gus Miftah di Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, DIY, Jumat (21/6). Pertemuan itu terjadi sesaat sebelum Deddy dibimbing mengucap syahadat.

Foto: Republika/Wahyu Suryana
Gus Mifta menuturkan awal mula Deddy Corbuzier bersyahadat di depannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – KH Miftah Maulana Habiburrahman atau yang akrab disapa Gus Miftah menyampaikan kisah detik-detik menjelang mualafnya Deddy Corbuzier.

Baca Juga

Hal ini dia sampaikan dalam Program Ngopi (Ngobrol Pintar) di MUI pada akun youtube resmi TV Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang dikutip Ahad (19/7). (Lebih lanjut bisa disimak di https://youtu.be/MoHYtQiFHL0 )  

Gus Miftah mengawalinya dengan mengatakan, hampir semua hal yang akan terjadi dalam hidupnya itu sebelumnya dia rasakan. Namun, berbeda dengan mualafnya Deddy. Dia sama sekali tidak menduga Deddy akan masuk Islam.

"Karena memang waktu itu secara profesional hanya ingin podcast dengan Mas Deddy. Yang kemudian saya tidak pernah berharap Mas Deddy ini bisa masuk Islam, maka bagi saya ini betul-betul bonus," kata Gus Miftah yang berbincang dengan Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis di program tersebut. 

Gus Miftah melanjutkan, di suatu waktu Deddy tiba-tiba menelpon dirinya dan mengatakan ingin menjadi Muslim. "Waktu itu saya bilang, 'ya sudah kalau kamu pengen masuk Islam, silakan, saya telponkan teman-teman di Jakarta'. Saya waktu itu minta dia Islam di Istiqlal bersama guru kita Prof Nasaruddin waktu itu," katanya. 

photo
KH Chalil Nafis dan Gus Miftah dalam Program Ngobrol Pintar (Ngopi) di MUI - (Dok Istimewa)

Deddy menolak karena dia belum kenal dengannya. Lantas Gus Miftah menyarankan lagi untuk dimualafkan tokoh-tokoh agama yang telah dikenal Deddy seperti Aa Gym dan Ustadz Wijayanto atau ustadz-ustadz yang lain.

"Saya sarankan ke situ, lalu dia (Deddy) bilang apa, dia bilang begini, 'Gua itu percaya Islam, yakin dengan kebenaran Islam, itu gara-gara elu. Gus Miftah ingat enggak, Gus Miftah kan pernah bilang sama saya, kalau saya masuk Islam, wajah Islam saya itu seperti apa tergantung pintu masuknya.

Kalau pintu masuknya keras, maka Islamnya jadi Islam yang keras. Kalau pintu masuknya marah, maka Islam saya akan penuh dengan kemarahan, kalau pintu masuknya lebay, Islam saya juga penuh dengan ke-lebay-an. Tetapi Gus Miftah juga bilang, kalau pintu masuknya ini ramah, maka Islam saya akan menjadi Islam yang ramah dan menyenangkan."

Hingga akhirnya Deddy Corbuzier menjadi mualaf dengan dibimbing Gus Miftah tepatnya pada 21 Juni 2019 di Pesantren Ora Aji, Sleman, Yogyakarta.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA